INDEKS MEDIA

Berita Hari Ini Di Indonesia & Internasional

Ternyata Begini Cara Kerja Algoritma Instagram

Instagram memiliki algoritma sendiri (instagram.com)

INDEKSMEDIA.ID — Instagram memang tak bisa dipungkiri adalah media sosial paling populer untuk pamer.

Tidak hanya itu, meraup uang di instagram juga merupakan salah satu hal yang menarik penggunanya.

Teman-teman tentu saja meyakini dan bukan rahasia lagi bahwa saat di Instagram Anda banyak followers, kemungkinan akan menerima endorse.

Platform Meta ini juga menyediakan Explore feed yang menampilkan banyak postingan dari pengguna seluruh dunia.

Unggahan itu bisa dilihat siapa saja sekalipun seseorang tidak mengikuti akun pengguna yang bersangkutan.

Bahkan menariknya, umpan di Explore ini sering menampilkan postingan dengan algoritma tertentu.

Pembentukan algoritma ini tentu saja tidak sembarangan.

Ada aturan main yang mengaturnya untuk menampilkan feed sesuai dengan apa yang seringkali pengguna saksikan.

Kepala Instagram Adam Mosseri baru-baru ini menginformasikan bagaimana rekomendasi pada feed Explore Instagram ditampilkan.

Mosseri mengatakan bahwa algoritma sangat memengaruhi Explore, Stories, Reels, hingga Pencarian Instagram.

Mosseri memaparkan “cara kerja algoritma yakni mempertimbangkan berbagai sinyal dari pengguna,” dikutip dari India Today.

“Mulai dari aktivitasnya di aplikasi tersebut, ragam informasi postingan, orang yang memosting, serta rekam jejak interaksi antar pengguna.”

Dilansir dari oketekhno, Instagram juga punya pertimbangan postingan seperti apa yang menjadikan pengguna tertarik untuk langsung melihatnya.

Umpamanya, seorang pengguna saat membuka feed Explore langsung membuka postingan sekaitan dengan fashion.

Dari situ, konten serupa akan muncul dan lebih sering. Tidak hanya itu, peluangnya amat tinggi terpampang di umpan jelajah.

Misteri menyebut sinyal-sinyal seperti seberapa cepat dan tau banyaknya orang berkomentar, menyukai postingan, berbagi, menyimpan.

Itu sangat menentukan konten Explore untuk ditampilkan ke pengguna. (*)