INDEKS MEDIA

Berita Hari Ini Di Indonesia & Internasional

Desak Tindakan Hukum, LPMPL Kolaka Utara Demo Polres Kolaka Utara Terkait Dugaan Tambang Ilegal

LPMPL-Kolut Gelar Aksi Demontrasi

INDEKSMEDIA.ID – Sejumlah pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Pemuda Mahasiswa Pemerhati Lingkungan Kolaka Utara (LPMPL-Kolut) menggelar demonstrasi di depan kantor Polres Kolaka Utara pada Senin (12/8/24). Aksi ini dilakukan untuk menyoroti aktivitas tambang yang berlangsung di Kecamatan Batuputih, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Dalam orasinya, para demonstran menuntut agar pihak Polres Kolaka Utara lebih serius menangani dugaan aktivitas tambang ilegal di wilayah tersebut. Mereka mengklaim bahwa meskipun telah melakukan investigasi yang menunjukkan adanya operasi tambang yang diduga tidak resmi, pihak kepolisian belum mengambil langkah konkret.

 

“Sebagaimana hasil investigasi kami di lapangan, kami menemukan aktivitas pengoperasian alat berat dan juga proses pemuatan kapal tongkang yang sedang berlangsung,” tegas salah satu demonstran.

Massa aksi juga menyoroti respons dari pihak kepolisian yang menyarankan agar mereka mengajukan laporan resmi ke Polda Sulawesi Tenggara dan Polres Kolaka Utara untuk memulai proses hukum.

“Kami telah melihat beberapa kapal tongkang yang sedang mengantri untuk sandar dan memasuki proses pemuatan. Jika dalam kurun waktu 2 x 24 jam Kapolres Kolaka Utara tidak mengambil tindakan untuk menghentikan aktivitas tambang di PT Kasmar Tiar Raya, kami akan melayangkan surat somasi ke Polda Sulawesi Tenggara dan Mabes Polri, lengkap dengan bukti-bukti hasil investigasi kami,” ujar Yahya, Koordinator Lapangan LPMPL.

Sementara itu, pihak kepolisian merespon aksi tersebut dengan meminta pihak demonstran melakukan laporan resmi.

“Kalaupun teman-teman pemuda dan mahasiswa memiliki hasil investigasi silahkan masukkan laporan resmi ke Polda Sultra dan ke Polres Kolaka Utara agar kami memiliki landasan juga untuk memproses dan melihat,” ujarnya.