INDEKS MEDIA

Berita Hari Ini Di Indonesia & Internasional

Timnas Indonesia Hampir Dipastikan Lolos ke Semifinal AFF U-19 2024, Ini Syaratnya… 

Timnas Indonesia u-19 Hampir Dipastikan Lolos ke Babak Semifinal AFF (Dok. Kumparan)

INDEKSMEDIA.ID – Timnas U-19 Indonesia berada di ambang kepastian untuk melaju ke babak semifinal Piala AFF U-19 2024 setelah kemenangan mereka yang menentukan atas Kamboja pada matchday kedua Grup A.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (20/7/2024), tim besutan Indra Sjafri berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor meyakinkan 2-0. Gol-gol kemenangan Garuda Nusantara dicetak oleh Kadek Arel Priyatna pada menit ke-71 dan Muhammad Iqbal Gwijangge pada menit ke-86.

Kemenangan ini menempatkan Timnas U-19 Indonesia di puncak klasemen Grup A dengan koleksi 6 poin dan selisih gol +8. Posisi ini membuat peluang mereka untuk melaju ke babak semifinal semakin terbuka lebar.

Untuk memastikan diri lolos sebagai juara grup, Timnas U-19 Indonesia harus memenangkan pertandingan terakhir melawan Timor Leste pada Selasa (23/7/2024) di Stadion Gelora Bung Tomo. Kemenangan ini akan memberikan mereka poin sempurna, yaitu 9 poin, yang tak mungkin dikejar oleh tim lain di grup tersebut.

Namun, hasil imbang melawan Timor Leste juga cukup untuk membawa Timnas U-19 Indonesia ke babak semifinal dengan mengantongi 7 poin. Bahkan jika kalah, Garuda Nusantara masih memiliki peluang besar untuk lolos, selama kekalahan tersebut tidak dengan selisih lebih dari empat gol dan Filipina tidak menang atas Kamboja dengan selisih lebih dari 12 gol.

Dalam skenario terburuk, di mana Timnas U-19 Indonesia kalah dengan selisih lebih dari lima gol dari Timor Leste atau Filipina menang dengan selisih 12 gol, mereka masih bisa lolos sebagai runner-up terbaik, tergantung hasil pertandingan lainnya.

Pertandingan terakhir grup A akan sangat menentukan nasib tim-tim yang berlaga. Pada Selasa, 23 Juli 2024, Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo pada pukul 19.30 WIB. Pada waktu yang sama, Kamboja akan berhadapan dengan Filipina di Stadion Gelora 10 November.

Dengan berbagai skenario yang ada, Timnas U-19 Indonesia hampir pasti melaju ke babak semifinal, membawa harapan besar bagi para pendukung untuk melihat mereka meraih prestasi gemilang di Piala AFF U-19 2024.