Material Tanah Longsor Masih Menutup Akses Jalan di Bastura-Luwu, Warga Minta Pemda Turun Tangan

LUWU, INDEKS MEDIA – Material tanah longsor masih menutupi akses jalan di Desa Bonglo, Kecamatan Basse Sangtempe (Bastek) Utara, Kabupaten Luwu. Akses jalan tersebut merupakan salah satu jalur penghubung Kota Palopo dan Kabupaten Luwu.

Seperti yang dilihat pada video yang diterima media ini, Jumat (5/4/2024), pukul 16.00 Wita, terlihat warga saling membantu melintasi material tanah longsor yang menutup badan jalan itu.

“Warga terpaksa memberanikan diri melewati longsor karena harus memutar jalan 3x lipat jika menggunakan jalan lain,” ucap warga setempat Ridal.

Foto tangkapan layar video, warga saling bantu melewati material tanah longsor

Ia menyayangkan tindakan pemerintah yang seolah abai terhadap permasalahan yang dihadapi oleh warganya. Belum lagi kondisi saat sekarang, beberapa warga sedang dalam mudik lebaran, begitu pula dengan warga Bastem.

“Pemerintah harusnya lebih respon terhadap longsor ini karena menutup akses jalan apalagi kondisinya masyarakat mau mudik atau pulang kampung menyambut Idul Fitri,” katanya.

Ridal juga membeberkan bahwa kejadian longsor tersebut telah terjadi selama kurang lebih sepekan, namun hingga saat ini akses jalan belum normal untuk dilalui warga.

“Iya kurang lebih sudah sepekan. Tapi pemerintah seolah-olah menutup mata. Kasian warga yang mau mudik lebaran. Apalagi banyak putra/putri Bastem yang kuliah dan sekolah di palopo,” imbuhnya.

Sementara itu salah satu warga Bastem mendesak pemda Luwu untuk segera menangani bencana longsor yang menutup akses jalan.

“Iya kita desak pemerintah luwu untuk segera menangani longsor kasihan kami warga yang melintas,” tandas Damianto.