Adhyaksa Awards 2024 Punya Rekam Jejak Jaksa Tangguh-Berprestasi? Isi Form di Sini

Indeksmedia — detikcom bekerja sama dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menggelar Adhyaksa Award untuk menjaring jaksa-jaksa tangguh dan berprestasi di seluruh Indonesia.

Dewan Pakar membuka masukan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memberikan informasi jaksa yang layak mendapatkannya.

“Metodenya dicampur. Data dari internal dan juga membuka masukan dari masyarakat,” kata Dewan Pakar Adhyaksa Awards lainnya, Guru Besar Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Prof Muhammad Fauzan.

Adhyaksa Awards merupakan program kerjasama antara detikcom dengan Kejagung RI. Tak hanya itu, program ini juga sebagai wujud apresiasi kinerja yang baik dari Kejagung RI oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu Dewan Pakar Adhyaksa Award lainnya, Boyamin Saiman yang juga menjabat sebagai Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menyebut ajang ini dibentuk untuk mencari sosok jaksa teladan yang dapat menginspirasi.

“Kita memang ingin mencari sosok teladan yang bisa menjadi inspirasi untuk yang lain karena bukan berarti jaksa itu jelek justru banyak yang baik,” ucap Boyamin.

Oleh sebab itu, masyarakat bisa memberikan penilaian dan masukan kepada panitia siapa saja jaksa yang layak mendapatkan Adhyaksa Award 2024. Panitia berharap masyarakat memberikan informasi dengan benar, runut dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Masyarakat dapat mengisi form di sini: dtk.id/adhyaksaawards2024

Berikut 5 kategori yang diperebutkan

1. Jaksa Penegak Keadilan Restoratif

Penghargaan untuk sosok jaksa yang berhasil mengimplementasikan gagasan jaksa Agung tentang keadilan restoratif dengan baik dan tepat dalam menangani perkara hukum.

2. Jaksa Tangguh dalam Pemberantasan Korupsi

Penghargaan untuk sosok jaksa yang mempunyai kinerja dan rekam jejak yang luar biasa dalam bidang pemberantasan korupsi.

3. Jaksa Teladan dalam Integritas

Penghargaan untuk sosok jaksa yang mempunyai integritas tinggi, profesional, selalu menjaga moral, etika, serta harkat-martabat diri berikut lembaga.

4. Jaksa Inspiratif Pemberdaya Masyarakat

Penghargaan untuk jaksa-jaksa yang berbuat lebih dari sekedar tupoksinya. Jaksa yang memberdayakan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

5. Jaksa Inovatif dalam Penegakan Hukum

Penghargaan untuk sosok jaksa yang menciptakan inovasi untuk kemajuan penegakan hukum di Indonesia. Jaksa yang menemukan cara-cara baru untuk menyelesaikan perkara baik pidana maupun perdata. (*)

Baca Juga