Jelang Peringatan Hari Perempuan, Komnas Perempuan Bakal Launching CATAHU

JAKARTA, INDEKS MEDIA – Komisi Nasional Anti Kekerasan (Komnas) terhadap Perempuan rencananya menggelar Launching Catatan Tahunan Komnas Perempuan. Kegiatan tersebut juga turut mengundang insan pers sebagai keperluan peliputan kegiatan.

Kegiatan tersebut rencananya digelar secara virtual aplikasi daring via Zoom, pada hari Kamis (7/3/2024), pukul 09.00 Wita. Komnas perempuan dalam kegiatan tersebut bakal mempresntasikan beberapa catatan tahunan kasus kekerasan yang dialami oleh perempuan.

Sejak tahun 2001, Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) telah melakukan pendokumentasian data-data kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia.

“Pendokumentasian tersebut dilakukan bersama mitra baik pemerintah maupun lembaga masyarakat, ditambah pengaduan langsung ke Komnas Perempuan,” kata Ketua Sub Komisi Partisipasi Masyarakat, Veryanto Sitohang dalam undangan yang diterima Rabu (6/3/2024).

Sumber data dari pemerintah dan masyarakat tersebar di berbagai wilayah tanah air. Dalam pendokumentasian tersebut ditemukan pola-pola dan bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan setiap tahunnya.

“Pola-pola dan bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan tersebut kemudian menjadi basis rekomendasi Komnas Perempuan untuk tujuan membangun situasi kondusif dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan di Tanah Air, yang kemudian diformulasikan menjadi Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, kegiatan Catatan Tahunan tersebut dilaksanakan setiap tahun menyambut peringatan hari Perempuan yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2024.

“Setiap tahun Komnas Perempuan menyelenggarakan Peluncuran CATAHU untuk menyambut peringatan Hari Perempuan Internasional tanggal 8 Maret setiap tahun,” ungkapnya.

Pilihan Hari Perempuan Internasional dilakukan untuk mengambil perhatian berbagai pihak baik di nasional maupun internasional dan menjadikan moment tersebut bagian dari kampanye penghapusan kekerasan terhadap perempuan.

“Sepanjang pengamatan Komnas Perempuan, CATAHU telah menjadi rujukan berbagai pihak baik untuk penulisan kajian ilmiah, maupun untuk pengambilan kebijakan dan program oleh pemerintah ditingkat pusat maupun daerah, termasuk lembaga internasional dan lembaga-lembaga swasta maupun masyarakat sipil,” imbuhnya.

Peluncuran Catatan Tahunan (CATAHU) 2023 Komnas Perempuan akan diikuti oleh perwakilan dari lembaga layanan, Kementerian/Lembaga, Lembaga HAM Nasional, Aparat Penegak Hukum (APH), Lembaga Layanan, Organisasi dan Lembaga Internasional, Masyarakat Sipil lintas sektor, Media, Akademisi, Tokoh dan Pemengaruh Publik, Lembaga Swasta dan lain-lain.