Pacco Menu Pilihan Kuliner Khas Luwu Raya, Banyak Tersedia di Palopo

PALOPO, INDEKS MEDIA – Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), cukup terkenal dengan berbagai kuliner khasnya. Beberapa kuliner yang cukup terkenal di Kota Palopo seperti sajian makanan Kapurung dan Pacco.

Pacco sendiri merupakan makanan khas masyarakat Luwu Raya tidak terkecuali masyarakat kota Palopo. Makanan yang terbuat dari bahan utama ikan ini, menjadi salah satu makanan dengan tingkat peminat cukup banyak.

Di Kota palopo sendiri, beberapa rumah makan menyediakan menu hidangan yang satu ini. Seperti di Rumah Makan Afni, Warung Makan Fuad, Warung Makan Lela dan masih banyak lagi rumah makan yang menyediakan hidangan khusus Pacco ini.

Makanan Pacco sendiri memiliki kemiripan dengan masakan Chevice yang berasal dari negara Peru. yang membedakan Pacco dan Chevice ini terletak pada pilihan bumbunya. Chevice sendiri memasukkan Bawang merah ke dalam bumbunya, sedangkan Pacco, tidak memiliki campuran bawang merah sebagai salah satu bumbu penyedap rasa.

Bagi pembaca yang penasaran dengan makanan yang satu ini, anda tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke sebuah rumah makan demi untuk memesannya. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan resep dan cara pembuatan yang diuraikan di bawah ini.

Bahan Pilihan:

1. Ikan Tembang (Ikan Sardin)
2. Jeruk Nipis/Cuka
3. Cabai Rawit
4. Garam dan Micin

Cara Pembuatan:

1. Pisahkan Ikan dari tulangnya
2. Gunakan air bersih untuk menaruh ikan yang sudah dipisahkan dengan tulangnya
3. Peras jeruk nipis di tempat terpisah
4. Haluskan Cabai hingga merata
5. Tuangkan Cabai yang telah dihaluskan dan Air jeruk nipis ke mangkuk ikan Pacco
6. Aduk hingga merata
7. Diamkan selama 5 hingga 10 menit (15 menit lebih bagus)

Sebelum disantap, siapkan parede ikan sebagai penetralisir rasa pedas yang dihasilkan oleh makanan Pacco.