Akses Medan Sulit Dijangkau, 4 TPS di Palopo Bakal Jadi Prioritas Utama Pendistribusian Logistik Pemilu

PALOPO, INDEKS MEDIA – Empat TPS di Palopo, Sulawesi Selatan masuk kategori rawan dikarenakan medan yang sulit dijangkau. Keempat TPS tersebut berada di Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana.

“1 TPS di Kelurahan Peta daerah Tandung, itu wilayah pegunungan dan akses jalan masih tanah sementara. Untuk 1 TPS di Rantepangalla,” kata Ketua KPU, Irwandi, Rabu (7/2/2024).

Sementara untuk 2 TPS lainnya berada di wilayah minjana, Kelurahan Peta. Pendistribusian logistik ke TPS tersebut harus melintasi wilayah Kabupaten Luwu untuk bisa sampai ke sana.

“2 TPS di Minjana itu jalur distribusinya harus memutar melewati Kabupaten Luwu terlebih dahulu,” katanya.

Irwandi mengungkapkan, dalam pendistribusian logistik Pemilu ke TPS nantinya akan dikawal oleh pihak TNI Polri dan Satpol PP Kota Palopo. Dia berharap agar apa yang telah direncanakan bisa terlaksana dengan baik tanpa kendala apapun.

“Insyaallah, distribusi logistik pemilu ke TPS akan dikawal oleh pihak TNI Polri dan Satpol PP, dan semoga apa yang sudah kita rencanakan bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala,” harapnya.

Foto Forkopimda Palopo bersama Komisioner KPU Palopo dan warga Tandung Peta.

Irwandi mengungkapkan pengepakan logistik pemilu untuk 506 TPS dijadwalkan selesai secepatnya dan kemudian dilakukan persiapan distribusi logistik.

“Setelah semua pengepakan rampung selanjutnya kita siapkan untuk distribusi ke TPS tapi untuk TPS sulit kita dahulukan dan rencananya satu hari sebelum pencoblosan,” imbuhnya.

Terpisah, ketua Panwaslu Kecamatan juga memetakan beberapa potensi rawan sulitnya beberapa akses di wilayah pegunungan Kelurahan Peta tersebut.

“Jika musim hujan, rawan terjadi Bencana Longsor, hanya bisa dijangkau dengan kendaraan Roda 2 (Motor), itupun khusus motor medan berat/motor trail,” ucap ketua Panwaslu kecamatan Sendana, Syarifuddin.

Selain akses jalur transportasi, akses jaringan telekomunikasi, internet dan fasilitas listrik juga menjadi kendala pada beberapa TPS tersebut.

“TPS tersebut tidak terjangkau jaringan telekomunikasi/tidak ada signal. Khusus TPS 005 dan TPS 008 belum ada jaringan Listrik,” tandasnya.