Kasat Intelkam Polres Palopo Bekali Linmas Jelang Hari Tungsura Pemilu 2024

PALOPO, INDEKS MEDIA – Kasat Intelkam Polres Palopo, Iptu Idul memberikan pembekalan kepada petugas Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) TPS Pemilu 2024 di Aula Kantor Kecamatan Wara Timur Jl. Andi Kambo Kota Palopo. Kegiatan tersebut diselenggarakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palopo.

Pada kesempatan itu, Kasat Intelkam mengatakan Satlinmas / Petugas Ketertiban TPS (PKPU No. 25 Tahun 2023) bertugas menangani ketentraman, ketertiban dan Keamanan, berjumlah 2 (dua) orang tiap TPS.

“Tugas linmas dimulai sejak Kotak Suara dan Bilik tiba di TPS sampai dengan kembalinya Kotak suara ke Kantor Kecamatan,” katanya, Senin (5/2/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan Linmas bertugas mengatur pintu masuk dan keluar para pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai langkah untuk mencegah membludaknya pemilih yang akan masuk TPS.

“Masing – masing Petugas Linmas berada di Pintu Masuk dan Pintu Keluar TPS. Linmas Mengatur pemilih yang akan memberikan suara di TPS (Supaya tidak terjadi penumpukan di Pintu Masuk),” ucapnya.

Iptu Idul juga menambahkan jika terjadi keributan di dalam TPS, Linmas agar sigap menangani secara persuasif dan Humanis, jika tidak teratasi Ketua KPPS meminta Bantuan Personil Polri yang Pam TPS.

“Bertugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggungjawab menjaga situasi keamanan Pemilu 2024,” imbuhnya.

Turut hadir kegiatan pembekalan itu hadir Camat Wara Timur, Pardi Wahyudi, Kabid Perundangan Satpol PP, Zainuddin, Kasi Penyidik Satpol PP, serta Lurah.