Dihadapan Mentan RI, Asrul Sani Paparkan Potensi Pertanian Kota Palopo

PALOPO, INDEKSEMEDIA.ID – Dihadapan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, penjabat Wali Kota Palopo Asrul Sani memaparkan potensi pertanian di Palopo.

Kepada Mentan, Asrul Sani, menyampaikan bahwa Kota Palopo dengan luas wilayah 2073 km² dengan 58% wilayahnya ialah tutupan hutan.

“Jumlah penduduk 190 Ribu jiwa dengan pertumbuhan ekonomi 5,83% dengan dominasi disektor perdagangan 23%, disektor pertanian 17%,” katanya.

Kota Palopo sendiri, memiliki potensi di bidang pertanian dengan lahan 10,468 hektar tersebar di 9 kecamatan dengan rincian sawah 1,676 hektar, lahan jagung 800 hektar, kebun 5,129 hektar dan lahan holtikultura 2,862 hektar.

“Adapun total realisasi panen atau produksi padi dari tahun 2021 hingga 2023, sebanyak 19,000 ton pertahun dan jagung sebesar 4,500 ton pertahun,” lanjutnya.

Saat ini, Kota Palopo tengah fokus mengembangkan beberapa program kegiatan, bagaimana meningkatkan produksi dan mutu pertanian.

“Alhamdulillah semua stakeholder bergerak bagaimana meningkatkan pertanian di Kota Palopo, baik itu Pak Dandim, Pak Kapolres, Pak Kajari, semua ada binaan petaninya masing-masing,” jelasnya.

Asrul Sani, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mentan yang telah memberikan bantuan peremajaan kelapa 100 hektar dengan 110,000 batang.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami dan semoga bisa bermanfaat bagi banyak orang. Terima kasih Pak Mentan,” pungkasnya.

Bimtek ini sendiri dihadiri oleh Kelompok Wanita Tani (KWT), komunitas pertanian, petani milenial yang terbagi dalam 479 kelompok tani, penyuluh perkebunan, lurah pengawalan pertanian perkebunan dan tenaga harian lepas perkebunan.

Dalam kegiatan ini pula diberikan penghargaan kepada penyuluh pertanian berprestasi, petani berprestasi, lurah pengawalan perkebunan dan tenaga harian lepas pertanian. (*)