Aisyah Tiar Motivasi Petani Milenial Tingkatkan Produksi Pertanian

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Dosen FEB Universitas Al Azhar Indonesia, Aisyah Tiar Arsad menjadi pembicara dalam kegiatan temu teknis pembangunan pertanian berkelanjutan.

Kegiatan itu rangkaian dari kunjungan kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia, Andi Amran Sulaiman, di Kota Palopo yang berlangsung di Lapangan Pancasila, Sabtu, 3 Februari 2024.

Dalam pemaparannya Aisyah Tiar menjelaskan jika upaya mengoptimalkan pembangunan perkebunan berkelanjutan perlunya peran petani milenial.

Untuk itu, Aisyah mengajak petani milenial untuk terlibat dalam bidang pemasaran digital.

“Dengan harapan ini, diharapkan tercipta sinergi antara para petani, karena mereka perlu kuat dan makmur agar tidak terlena oleh waktu,” ucapnya.

Dosen FEB Universitas Al Azhar Indonesia, Aisyah Tiar Arsad Aisyah Tiar Arsyad.

Selain itu, dirinya juga memberikan motivasi dan usulan kepada petani dalam meningkatkan produksi pertanian.

“Sebagai Petani, tentu pentingnya kita memahami konsep petik olah, kemas, jual dan konsep digitalisasi. Kita harapkan adanya pengolahan dapat dilakukan oleh petani,” katanya.

Ia berharap petani mampu mengelola produknya dan tidak menjualnya secara mentah, sehingga nilai ekonominya menjadi lebih besar.

“Impor hasil pertanian Indonesia, seperti kopi, kakao, cengkeh, merica dan berbagai komoditas lainnya, sangat dibutuhkan secara global, jadi sebagai petani mari kita berbangga,” ungkapnya.