Skandal Industri Otomotif Terbesar yang Pernah Terjadi Di Dunia

Skandal Industri otomotif pernah terjadi dengan beberapa kasus kontroversial yang mencoreng reputasi perusahaan ternama. Banyak kasus yang terjadi akibat berbagai penyebab kesalahannya baik secara sengaja atau tidak. Setiap kasus tentu punya beragam hal menarik yang dapat diketahui faktanya.

Daftar Skandal Kasus Industri Otomotif Dunia

Perkembangan dunia Otomotif memang sangat pesat sejak dulu. Beragam merek dan brand otomotis dari perusahaan terkemuka hadir di dunia ini termasuk Indonesia. Dari banyaknya perusahaan tersebut, ada beberapa yang pernah terlibat kasus skandal industri otomotif di mana sempat menggemparkan dunia. Berikut ini beberapa kasus otomotif yang menarik untuk diketahui bersama.

1. Kasus General Motors (GM) Chevrolet Corvair yang Terjadi Tahun 1960 Sampai Dengan 1969

Kasus ini melibatkan Chevrolet Corvair yang dianggap sebagai mobil paling tidak aman pada saat itu menurut aktivis perlindungan konsumen Ralph Nader. Masalah pada suspensi membuat penjualan turun drastis, memaksa GM untuk mengikuti aturan keselamatan lalu lintas yang ada di Amerika Serikat pada tahun 1966.

2. Kasus Ford Pinto yang Terjadi Pada Tahun 1974

Ford Pinto dianggap tidak memberikan prioritas terhadap keselamatan pengemudi mobil karena masalah pada tangki bahan bakar yang dapat pecah saat terjadi kecelakaan. Ford akhirnya harus membayar ganti rugi dan memperbaiki masalah ini setelah penyelidikan yang dilakukan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

3. Kasus Audi Recall yang Terjadi Pada Tahun 1982-1987

Audi mengeluarkan recall untuk 5.000 unit kendaraan karena insiden mobilnya dapat melaju tiba-tiba akibat kerusakan di pedal gas. Skandal industri Otomotif ini awalnya membuat Audi terjerat hukum, namun kemudian terbukti mereka bertanggungjawab dan mengatasi masalah tersebut dengan cepat sehingga dampak besarnya bisa dihindari.

4. Kasus Ford dan Firestone yang Terjadi Pada Tahun 1970

Dugaan skandal kecurangan pemilihan ban pada tahun 1970 melibatkan Ford dan Firestone yang bekerja sama saat itu. Kasus ini menyebabkan ratusan kematian dan ribuan luka-luka akibat kesalahan tapak ban yang di mana menjadi penyebab pecah ban saat mobil beradap dalam kecepatan tertentu. Kasus ini termasuk skandal yang bukan hanya merugikan namun juga menyebabkan kematian.

5. Kasus Toyota Terkait Masalah Pedal Gas yang Terjadi Tahun 2009-2010

Toyota dihujat karena masalah pada bagian pedal gas untuk Prius dan mobil Lexus lainnya. Masalah tersebut sampai menyebabkan kecelakaan dan menimbulkan korban jiwa. Karena kasus skandal industri otomotif ini, Toyota harus membayar tuntutan sekitar US$ 1,2 miliar dan reputasinya terpukul.

6. Kasus General Motors untuk Mobil Chevrolet Cobalt yang Terjadi Pada Tahun 2014

GM menarik 800.000 Chevrolet Cobalt dan Pontiac G5 karena masalah saklar pengapian yang berujung tuntutan hukum dengan denda lebih dari US$ 900 juta. Kasus tersebut jadi skandal kedua yang terjadi di dalam tubuh General Motor.

7. Kasus Kantung Udara Takata yang Terjadi Pada Periode 2010-an

Cacat fungsi pada kantung udara Takata menyebabkan serangkaian kecelakaan fatal dan cedera serius. Puluhan juta mobil, termasuk di Indonesia, harus ditarik dari pasaran untuk mendapatkan perbaikan dari Takata sehingga memberikan dampak kerugian bagi perusahaan tersebut.

8. Kasus Volkswagen Group Terkait Dieselgate yang Terjadi Tahun 2015

Skandal dieselgate mencoreng nama besar Volkswagen Group karena dugaan menipu emisi mesin diesel. Kasus ini berdampak global dan mengakibatkan tuntutan hukum serta kerugian finansial besar bagi perusahaan yang sangat ternama tersebut.

9. Kasus Manipulasi Data Daihatsu yang Terjadi Tahun 2023

Kasus yang masih hangat ini juga jadi salah satu skandal terbesar dunia Otomotif. Dalam kasus ini, Daihatsu mengakui adanya manipulasi data Uji Keselamatan yang telah berlangsung selama 30 tahun. Kasus ini berdampak pada produksi mobil Daihatsu termasuk yang ada di Indonesia.

Kasus yang terjadi dalam dunia Otomotif dapat berdampak besar terhadap merek atau perusahaannya. Beragam kasus menarik seputar dunia otomotif dapat Anda temukan di dalam website Beritadata. Segera kunjungi website Beritadata.com untuk informasi otomotif yang update termasuk skandal industri otomotif. (*/dirman)