Dilantik Jadi Ketua BPL, Paslan: Kita Akan Pompa Jantung HMI

PALOPO — Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palopo melantik pengurus Badan Pengelola Latihan (BPL) di Kota Palopo untuk periode 2023-2024, Kamis (18/1/2024).

Gelaran itu mengusung tema “Optimalisasi Peran Instruktur Muda Demi Terwujudnya Budaya Perkaderan yang Berkualitas”.

Ketua umum BPL Paslan Ali az-Zahra menyampaikan bahwa BPL sebagian pompa jantung HMI harus mendorong untuk melahirkan kader-kader yang memiliki integritas.

“Saya sering menyampaikan kepada teman-teman komisariat bahwa tatkala kita mengumpamakan jantung organisasi ini terletak pada komisariat, maka pemompa jantung tersebut ada pada BPL,” tegas Paslan dalam sambutannya.

“BPL bertanggung jawab dalam mengawasi detak jantung agar tetap stabil, sehingga darah yang didistribusikan dapat mengalir dengan baik ke seluruh organ tubuh,” urai pemuda Luwu Timur itu.

Dikemukakan Paslan bahwa setiap wilayah memiliki aneka budaya dan pemikiran, dan HMI sedang berada dalam ruang-ruang tersebut.

Karena itu, menurut dia, diperlukan adanya model pembelajaran yang dapat terintegrasi di berbagai bidang, tidak kecuali bagaimana melahirkan kekuatan berpikir dan kemampuan berkomunikasi.

“Di Palopo sendiri ditemukan kompleksitas masyarakat. Yaa namanya juga masyarakat kota. Karena itu kita perlu menunjukkan bahwa HMI tidak keluar dari budaya yang telah mengakar di masyarakat, secara umum masyarakat Luwu Raya yang masih melihat budaya sebagai sebuah kekuatan,” terang Paslan saat dihubungi.

“Karena itu, daya perkaderan HMI perlu mendapatkan perhatian lebih, khususnya di kalangan instruktur muda, sehingga orientasi perkaderan tidak stagnan pada perekrutan anggota-anggota baru semata, tetapi ada proses pengawalan dalam menanamkan spirit intelektualisme agar HMI senantiasa menjadi wadah pencetak kader yang berkualitas Insan Cita,” sambung pemuda Wotu itu.

Lebih jauh dirinya mengingatkan seluruh kader HMI agar tetap menjaga keberlangsungan literasi di Kota Palopo. “Tidak bisa maju kalau tidak melakukan hal-hal yang tampak kecil namun sangat bermanfaat untuk kehidupan kader di masa mendatang.”

“Contohnya melakukan diskusi kecil-kecilan di kampus, di pinggir-pinggir jalan, dan taman-taman Kota Palopo yang rame juga dikunjungi orang. Tidak kecuali membaca buku setiap hari dalam tingkat paling minimal selama 5-10 menit,” sarannya.

Surat Keputusan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palopo Nomor: 136/KPTS/A/07/1445 tentang Pengesahan Susunan Pengurus BPL HMI Cabang Palopo Periode 2023-2024.

KETUA UMUM: Paslan Ali az-Zahra
Ketua Bidang Pembinaan Instruktur dan Kurikulum: Chandra Wijaya
Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan: Muh. Husnul Mubarak
Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga: Fery Indrawan

SEKRETARIS UMUM: M. Al. Rifat Andi Bate Raja
Wasekum Bidang Pembinaan Instruktur dan Kurikulum: Achmad Fawzy Hasan
Wasekum Bidang Penelitian dan Pengembangan: Sulfiardi
Wasekum Bidang Hubungan Antar Lembaga: Alwi Jaya

BENDAHARA UMUM: Muhammad Cahya Jaya
Depertemen Pembinaan Instruktur dan Kurikulum: Muh. Idul A. Mansur T
Depertemen Penelitian dan Pengembangan: Muh. Rifai
Depertemen Hubungan Antar Lembaga: Darmansyah M. (*)