Jelang Pemilu 2024, KPU Kota Palopo Gelar Simulasi Pemungutan Suara

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Mendekati pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan Perolehan suara.

Simulasi pemungutan dan perhitungan Perolehan suara ini dilaksanakan di Tribun Lapangan Pancasila Kota Palopo. Sabtu (23/12/2023).

Pada simulasi ini, KPU Palopo menampilkan 4 kotak suara yang digunakan dalam simulasi pemungutan dan perhitungan perolehan suara.

Adapun 4 Kotak suara yakni, anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten/Kota.

Simulasi ini juga memeragakan 7 orang yang berperan sebagai anggota Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS).

Kemudian ada sebagai Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), beberapa orang sebagai saksi, dua anggota pengamanan TPS dan beberapa orang yang sebagai pemilih.

Anggota Komisioner KPU Palopo Divisi Data dan Perencanaan, Iswandi Ismail mengatakan jika simulasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran pelaksanaan simulasi pemungutan dan perhitungan suara ini pada Pemilu 2024.

“Tujuan simulasi ini dilakukan untuk mencari gambaran seperti apa nantinya kondisi real yang ada pada saat pemungutan dan perhitungan suara pada hari pemungutan suara 14 Februari 2024,” katanya.

“Kemudian nanti kita akan bisa melihat langsung bagaimana mekanisme tata cara dalam melaksanakan pemungutan suara ini,” sambungnya.

Dia menyebut jika simulasi yang dilaksanakan ini, pihaknya hanya mensimulasikan 4 jenis surat suara.

“Dalam simulasi ini kita hanya mensimulasikan 4 jenis surat suara. Simulasi ini minus surat suara pilpres. Jadi yang ada saat ini yang dilakukan simulasi yaitu surat suara DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota,” sebutnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Muhatsir mengatakan, jika pihaknya juga telah melaksanakan bimtek kepada jajaran PPK dan PPS se-Kota Palopo.

“Kita juga sudah melakukan simulasi bersama PPK dan PPS. Serta Bimtek pengunaan aplikasi Sirekap,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam simulasi yang dilaksanakan itu pihaknya juga memperkenalkan pengunaan aplikasi Sirekap.

“Jadi untuk penghitungan perolehan suara nanti kita akan menggunakan aplikasi Sirekap. Untuk penggunaannya ini juga telah dilakukan simulasi kepada jajaran PPK dan PPS saat bimtek dua hari kemarin,” katanya.

Sekadar diketahui, aplikasi Sirekap yang digunakan itu sebagai alat bantu mengetahui hasil perolehan suara di setiap TPS untuk nanti disandingkan dengan hasil rekapitulasi secara manual.

Dalam kegiatan simulasi ini dihadiri Komisioner KPU Palopo, Irwandi Djumadin, Muhatsir, jajaran Bawaslu, Perwakilan Kejaksaan, Partai Politik, Kesbangpol, PPK dan PPS serta staf KPU Palopo.