Cega Isu Sara dan Hoax, GP Ansor Sulsel Gelar Dialog Kebangsaan

INDEKSMEDIA.ID – Dalam upaya mewujudkan suasana pesta demokrasi dan kontestasi politik dalam perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 secara aman dan damai serta bebas sara dan hoax, Gerakan Pemuda Ansor Sulawesi Selatan mengadakan Dialog Kebangsaan yang dilaksanakan di Aula MAN Insan Cendekia Kabupaten Gowa, pada Sabtu (6/12/23).

Dialog kebangsaan tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya konflik ditengah masyarakat pada memontum pemilu 2024 mendatang dengan tema “Peran Masyarakat dalam Mewujudkan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai Bebas Sara dan Hoax”.

Pada dialog itu, GP Ansor menghadirkan pembicara Dr. Suardi Mansing (komisioner KPU Kabupaten Gowa) dan Muh. Fachrur Razy Mahka, (Akademisi Universitas Handayani).

Imran Arsyad selaku Sekertaris Umum GP Ansor Sulawesi Selatan mmengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman kondusif selama tahapan pemilu tahun 2024.

“Kami pengurus Wilayah Ansor Sulsel mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kamtibmas yang aman kondusif selama tahapan pemilu tahun 2024. karena untuk mewujudkan pemilu yang damai tidak bisa digantungkan hanya pada pihak penyelenggara pemilu dan pemerintah daerah saja. Namun, semua pihak harus dapat mengambil perannya masing-masing,” ungkapnya.

Imran juga menghimbau agar masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan maraknya berita hoax dan issu sara yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Di zaman modern sekarang supaya kita tidak gampang terprovokasi dengan isu-isu hoax manapun yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa olehnya itu Masyarakat harus lebih cerdas menangkal dalam menanggapi isu-isu berita, dan tidak langsung mempercayainya,” jelasnya.

Lebih lanjut, selaku perwakilan KPU Kabupaten Gowa Dr. Suardi Mansing menyampaikan bahwa dialog kebangsaan ini merupakan bentuk kerja sama GP Ansor Sulsel dengan KPU Kabupaten gowa selaku penyelenggara pemilu untuk mengajak seluruh masyarakat dalam meningkatkan semangatnya dalam mengikuti perhelatan pesta demokrasi 2024 mendatang.

“Kami dari KPU Kabupaten Gowa mengharapkan partisipasi masyarakat untuk membantu kami dalam menyukseskan pesta demokrasi 2024 mendatang sebab pertisipasi masyarakat sangat penting untuk kelancaran serta terlaksananya pemilu 2024,” kata suardi.

Sementara, Muh. Facrur Razy dalam materinya menyampaikan bahwa peran masyarakat dalam mewujudkan pemilu damai yang bebas hoax dan sara sangat dibutuhkan sebab sudah menjadi rahasia umum setiap perhelatan pesta demokrasi dari waktu kewaktu permasalahannya selalu sama yaitu hoax, isu sara dan politik identitas.

“Oleh karena itu, Masyarakat harus mengambil pelajaran untuk Pemilu 2024 guna mencegah Hoax dan Sara dan politik identitas agar kebersamaan warga bangsa tidak tersandera oleh persoalan suku, agama, ras dan antar-golongan dan UU Pemilu sudah jelas mengatur larangan menggunakan instrumental sara yang dalam bahasa undang-undang bisa disebut politik identitas sebagai sarana atau alat untuk menyosialisasikan diri atau mengampanyekan diri,” pungkasnya.