Persiapan Pembentukan KPPS, KPU Palopo Bimtek PPK dan PPS

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Komisi Pemilih Umum (KPU) Kota Palopo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) persiapan Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Bimtek persiapan KPPS itu diikuti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Palopo.

Bimtek KPPS Pemilu 2024 dibagi menjadi dua menjadi 2 sesi yang dilaksanakan Hotel Harapan, Kelurahan Lagaligo, Kecamatan Wara, Sabtu (09/12/2023).

Ketua KPU Palopo Abbas Djohan, mengatakan bimtek ini dilakukan untuk memberikan pemahaman bagi anggota PPK dan PPS untuk memahami regulasi dan peraturan pembentukan anggota KPPS.

“Bimtek ini dilakukan sesuai dengan arahan dari KPU Sulsel dan KPU RI. Dimana Penerimaan pendaftaran calon anggota KPPS ini dibuka pada 11 Desember sampai 20 Desember 2023,” kata Abbas.

Abbas mengungkapkan bahwa PPS dan PPK dalam perekrutan KPPS untuk tidak asal rekrut, tetapi harus sesuai dengan persyaratan yang ada, serta memiliki sumber daya manusia (SDM).

“Rekrut yang memiliki kemampuan SDM dan yang terpenting merekrut KPPS sesuai dengan aturan atau regulasi yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis KPU Palopo, Muhatzir menyebut jika pada Pemilu 2024, pihaknya akan merekrut 3.542 orang KPPS.

“Untuk petugas KPPS sebanyak 3.542 orang, dimana setiap TPS akan bertugas 7 orang KPPS. Perekrutan KPPS bukan hal yang mudah untuk dilakukan,” sebutnya.

“Petugas KPPS ini disebar di 506 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 48 Kelurahan dari 9 Kecamatan di Kota Palopo,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu pula Komisioner KPU Sulsel, Ahmad Adiwijaya, mengingatkan kepada PPK dan PPS beberapa komponen yang menjadi dasar dalam merekrut penyelenggara KPPS.

“PPS dan PPK harus memperhatikan calon Kpps harus memilik integritas, Profesionalitas dan loyalitas dalam kinerja penyelenggaraan Pemilu,” ujarnya.

Bimtek ini juga menghadirkan beberapa narasumber yang menjadi mitra KPU, yakni Dinkes, BPJS Kesehatan, Satpol-PP dan Kesbangpol.