Bawaslu Palopo Minta Pengawasan Kampanye Diperketat Hingga Kelurahan

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar kegiatan rapat Pengawasan Masa Kampanye 2024, Sabtu pagi (9/12/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Agro, Kecamatan Mungkajang ini dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu Kota Palopo yang membidangi Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Widianto Hendra.

Dalam sambutannya, Widianto meminta Panwaslu Kecamatan se-Kota Palopo agar memastikan tahapan Kampanye Pemilu 2024 terlakasana dengan baik. Selain itu ia meminta agar Panwaslucam tidak terlalu jauh membangun kedekatan dengan peserta pemilu.

“Sebagai penyelenggara kita harus memastikan masa kampanye berjalan dengan baik. Jangan juga kita terlalu mempresure teman-teman peserta kampanye,” ujar Widianto.

Widi, sapaannya, juga meminta kepada Panwas agar memaksimalkan pengawasan demi terlaksananya tahapan kampanye tanpa kendala berarti.

Anggota Bawaslu Palopo Widianto Hendra.

“Masa kampanye itu kita harus atur baik-baik, supaya ide-ide dari peserta pemilu itu bisa tersampaikan dengan baik ke masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, tahapan kampanye pemilihan presiden-wakil presiden dan pemilihan calon legislatif (pileg) ini menjadi skala prioritas pengawasan Panwas di tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Karena itu proses ini dikawal baik-baik, supaya ruang itu terbuka lebar. bukan menjadi momok sehingga membuat peserta pemilu menjadi khawatir untuk berkampanye,” harapnya.

Suasan Rapat Pengawasan Bawaslu Palopo di Hotel Agro, Kecamatan Mungkajang

Ia juga mengingatkan agar Panwaslu kecamatan terus mengupayakan langkah-langkah pencegahan agar tahapan berjalan dengan baik, aman dan terarah.

“Perundang-undangan itu mengatur terlaksananya kampanye dengan baik. tentunya juga melalui upaya-upaya pencegahan yang kita lakukan membuat tahapan itu tetap berjalan kondusif,” imbuhnya.