Wujudkan Kota Sehat, Pemkot Palopo Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa Tingkat Nasional

JAKARTA, INDEKSMEDIA.ID – Pemerintah Kota Palopo meraih penghargaan Swasti Saba Padapa tingkat nasional, di Grand Ballrooom Kempinski Hotel Jakarta, Selasa (28/11).

Penghargaan tersebut dalam bidang kesehatan atas keberhasilan mewujudkan Kota Sehat tahun 2023.

Penghargaan itu diterima Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, mengatakan jika urbanisasi dan perubahan iklim menjadi tantangan besar bagi Pemerintah Kota kedepannya.

“Semakin banyak orang yang tinggal di Kota, maka semakin besar pula masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat,” katanya.

Untuk itu, kata dia, masyarakat harus bisa menjaga lingkungan sekitarnya.

“Hal itu dapat diawali dari lingkungan yang bersih, saluran airnya diperbaiki, diedukasi masyarakatnya, semuanya perlu diperbaiki,” ujarnya.

Mewakili Presiden RI, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy mengapresiasi pemberian penghargaan Swasti Saba dan STBM tahun 2023 kepada pemerintah daerah.

Dia mengatakan jika pemerintah daerah memiliki tanggungjawab yang lebih dalam penanganan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat.

“Agar ke depannya, semua wilayah kabupaten/kota se-Indonesia bisa mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik dan merata kepada semua kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah, menyampaikan ucapan syukur atas capaian ini.

“Apresiasi juga diberikan kepada seluruh tim, khususnya Forum Kota Sehat bersama perangkat daerah yang membangun sinergitas,” ucapnya mewakili PJ Walikota Palopo.

Dirinya menyebut jika program yang digalakkan oleh Kemendagri dan Kemenkes ini, untuk mewujudkan kondisi daerah yang nyaman untuk dihuni.

“Kriterianya ada 9 kegiatan yang mencakup berbagai aspek. Tatanan itu meliputi kehidupan masyarakat sehat mandiri, permukiman dan rumah ibadah, pasar rakyat, satuan pendidikan, serta pariwisata,” ujarnya.

“Penghargaan ini tentu menjadi motivasi dan penyemangat untuk menguatkan kolaborasi lintas sektor dalam meningkatkan derajat kesehatan di Kota Palopo,” pungkasnya. (*)