Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok, PJ Wali Kota Palopo Sidak Pasar Andi Tadda

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Pejabat Wali Kota Palopo, Asrul Sani, didampingi unsur Forkopimda kota palopo dan pimpinan perangkat daerah terkait melakukan sidak/operasi pasar di Pasar Andi Tadda, Kamis, 30 November 2023.

Operasi pasar itu dilakukan dalam rangka pengendalian inflasi serta menjaga stabilisasi stok dan keterjangkauan harga bahan pokok.

Dalam kunjungannya itu, Pj Wali Kota Asrul Sani mendapatkan adanya beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, terutama cabe, dimana harga cabe sudah mencapai Rp. 85 ribu per kilogram.

“Setelah kita pantau, kita cek kenapa harganya tinggi, ternyata cabe ini diambil oleh pedagang dari Kabupaten Jeneponto yang kemudian dibawa (melalui) ke Makassar baru didistribusikan ke Kota Palopo,” katanya.

“Itu yang menyebabkan harga tinggi, karena transportasi, biaya transportasi, biaya distribusinya tinggi,” sambungnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya akan melakukan langkah-langkah untuk menekan naiknya harga komoditas.

“Kita akan lakukan langkah untuk menekan ini. Khususnya cabe ini, kita akan buat kerjasama dengan daerah penghasil cabe, utamanya yang terdekat dari sini, daerah kita, seperti Kabupaten Wajo dan Enrekang,” ungkapnya.

Bahkan dirinya juga telah menyampaikan ke Kabag Ekonomi untuk menjajaki daerah penghasil cabe untuk bisa dilakukan kerjasama.

“Sehingga nanti para pedagang bisa mengambil cabe dari daerah-daerah yang dekat dengan kita, sehingga biaya distribusi bisa berkurang dan harga cabe bisa kita tekan,” jelasnya.

Dikatakannya, saat ini di Kota Palopo dijalankan program gerakan tanam cabe, namun itu belum memasuki masa panen.

“Terkait hal ini juga (gerakan menanam cabe), saya juga sudah minta Kadis Pertanian untuk mengatur pola tanam dari gerakan kita ini,” ujarnya .

“Jadi penanaman kita tidak bersamaan, tapi secara bertahap agar produksi kita nantinya juga bisa cukup dan berkesinambungan,” pungkasnya. (*)