Lokakarya Technical Assistance Pemrakarsa Replikasi, USAID ERAT Kawal 2 Inovasi Luwu Utara

LUWU UTARA, INDEKSMEDIA.ID – USAID ERAT melaksanakan Lokakarya Technical Assistance Pemrakarsa Replikasi Inovasi selama dua hari, 22 – 23 November 2023, di Aula Bappelitbangda, Rabu (22/11/2023).

Provincial Government Advisor USAID ERAT Provinsi Sulawesi Selatan, Sarwansyah Sahabuddin, menyebutkan bahwa lokakarya ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan coaching clinic yang telah dilakukan pada 19 – 21 September 2023 yang lalu di kota Makassar.

“Kenapa kita memilih Luwu Utara? Karena Luwu Utara adalah salah satu dari lima kabupaten/kota yang tercepat memasukkan komitmennya terkait 2 inovasi yang akan kita kawal, yaitu Kerja Nyata yang terkait stunting dan Ayo Baris terkait peningkatan PAD,” ucap Sarwansyah.

Dia berharap dua inovasi ini dapat berperan dalam penurunan stunting dan peningkatan PAD di Luwu Utara.

“Kita tetap optimistis akan terjadi penurunan stunting dengan adanya inovasi ini. Untuk itu, kita berharap, dua inovasi dapat terus berjalan,” pungkasnya

Sementara itu, Asisten II Setda Luwu Utara, Andi Zulkarnaen menyampaikan ucapan terima kasih kepada USAID ERAT dan tim atas pendampingan yang dilakukannya selama ini.

Menurutnya, pendampingan yang dilakukan USAID ERAT adalah katalisator bagi Luwu Utara.

“Terima kasih atas pendampingan teman-teman USAID ERAT bersama tim inovasinya kepada kami, sehingga dapat memberi warna tersendiri bagi kami,” kata Zulkarnaen mewakili Bupati Luwu Utara.

Dia juga mengungkapkan bahwa USAID ERAT dapat menyediakan panggung tersendiri bagi para inovator Luwu Utara.

“Teman-teman di Luwu Utara ini SDM-nya luar biasa, tinggal dibuatkan panggung. Inovasi kita juga banyak, tinggal panggungnya juga diperbanyak,” ucapnya.

“Apa yang kita lakukan hari ini menjadi panggung bagi teman-teman untuk melahirkan berbagai inovasi,” sambung Zulkarnaen.

Untuk itu, dirinya berharap inovasi yang sudah ada dapat direplikasi kembali.

“Inovasi tanpa replikasi seperti sayur tanpa mangkok. Inovasi ada, tetapi kita tidak tahu mau dibawa ke mana, karena tidak ada mangkoknya alias tidak ada wadahnya. Nah, melalui kegiatan ini, bisa menjadi katalisator atau penghubung antar perangkat daerah,” harapnya.

Diketahui USAID ERAT melakukan pendampingan terhadap dua inovasi kabupaten Luwu Utara.

Kedua inovasi tersebut terkait dengan isu penurunan stunting, yaitu inovasi “Kerja Nyata”. Dan inovasi yang terkait dengan peningkatan PAD, yaitu inovasi “Ayo Baris”. (**)