Dukung Agroforestri Kakao di Luwu Utara, Lascarcoco Rangkul Petani di Wilayah Perhutanan Sosial

LUWU UTARA, INDEKSMEDIA.ID – Landscape Approach to Sustainable and Climate Change Resilient Cocoa and Coffee Agroforestry (Lascarcoco) menjadi salah satu instrumen pendukung dalam upaya mendukung keberlanjutan implementasi program Agroforestry Kakao menuju kakao lestari dan berkelanjutan di Kabupaten Luwu Utara.

Workshop Pembelajaran Praktik Kurikulum Agroferestry Kakao menghadirkan Pemateri Lascarcoco dari Rikolto, Irmawati Arifuddin.

Irmawati mengatakan, pihaknya telah merangkul petani yang berdomisili di wilayah perhutanan sosial.

“Para petani ini kita perkenalkan praktik-praktik manajemen landscape yang berkelanjuta,” kata Irmawati.

Irmawati menjelaskan, salah satu metode yang diterapkan dalam program Lascarcoco adalah fokus pada penerapan metode salt alias pola tanam agroforestry di lahan.

Kata dia, lahan miring dengan pemetaan wilayah kelola dan kelompak dengan melibatkan partisipasi dan kerja sama dengan komunitas Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rongkong, Luwu Utara.

“Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, kami melibatkan 94 petani di wilayah perhutanan sosial, termasuk lima di antaranya adalah khusus untuk praktik agroforestri kakao,” ungkapnya.

Irmawati menyebut jika pihaknya telah menerapkan praktik di lahan seluas 100 hektare, meskipun target yang dicanangkan adalah 1.000 hektare.

“Pada program ini, kami merancang penerapan tiga strata, yaitu strata atas, strata tengah, dan strata bawah.

“Kami terus berupaya menciptakan keberlanjutan lingkungan melalui pendekatan yang holistik dan terencana,” pungkasnya.

Diketahui, agroforestri adalah bagian dari program untuk mendukung peta jalan kakao lestari melalui program SFITAL. (*/LHr)