Diikuti OPD dan Lurah, Bagian Ortala Setda Kota Palopo Gelar Bimtek Penyusunan SOP

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Kota Palopo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Kegiatan itu dibuka Asisten I, Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Palopo, Ruslan mewakili PJ Walikota Palopo Asrul Sani.

Bimtek tersebut dilaksanakan di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Kamis, 16 November 2023.

Kepala Bagian (Kabag) Ortala Setda Kota Palopo Sainal Sahid, mengatakan jika kegiatan bimtek tersebut untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam penyusunan SOP.

“Tujuannya untuk memberikan pengetahuan kepada Perangkat Daerah (PD) lingkup pemerintah kota palopo dalam melakukan penyusunan SOP,” katanya.

Sementara itu, Asisten I Setda Kota Palopo, Ruslan menyampaikan terimakasih kepada penyelenggara yang menggelar bimtek penyusunan SOP, apresiasi juga disampaikan kepada peserta yang hadir dari perangkat daerah.

Dirinya berharap dengan penyelenggaran bimtek tersebut semua penyusunan dokumen administrasi mengacu pada aturan yang ditetapkan dalam rangka optimalisasi pelayanan administrasi kepada masyarakat.

“Bimtek saat ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan dengan adanya SOP dapat meningkatkan tertib administrasi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan,” harap Ruslan.

Menurutnya, Standar Operasional Prosedur ini sangat penting dalam sebuah organisasi, kata dia, baik itu organisasi pemerintah maupun non pemerintah.

“Jadi kegiatan ini sangat penting, sangat dibutuhkan dalam organisasi. Karena ini merupakan acuan bagi kita bekerja, pedoman kita, rujukan kita dalam bekerja, supaya pekerjaan yang kita laksanakan itu dapat terukur dengan baik,” ujarnya.

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut digelar selama dua hari dengan menghadirkan narasumber dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah Pemprov Sulsel dan diikuti utusan dari perangkat daerah, UPTD/UPTB, dan kelurahan lingkup Pemkot Palopo. (*)