Peringati HKN ke-59, Dinkes Palopo Gelar Sejumlah Lomba, Salah Satunya Pemilihan Puteri Kesehatan

INDEKSMEDIA.ID, PALOPO – Ramah Tamah Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 59 dirangkaikan dengan pemilihan Puteri Kesehatan se-Luwu Raya Tahun 2023 di Gedung Merdeka Convention Hall (MCH) Kota Palopo, Jum’at 10 November 2023.

Ketua Panitia Pelaksana HKN ke-59 San Ashari mengatakan bahwa tema HKN ke-59 ini ialah “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”.

“Tujuannya membangun kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya kesehatan dan bagaimana melaksanakan perilaku hidup sehat dan bersih,” katanya.

Dia juga menyebut jika pelaksanaan kegiatan HKN ke 59 tingkat Kota Palopo dimulai dari tanggal 7 – 13 November 2023.

“Peringatan HKN ini juga dirangkaikan dengan bakti sosial pemberantasan sarang nyamuk yang dilaksanakan secara serentak bersama-sama dengan tim puskesmas dan institusi kesehatan para dosen dan mahasiswa,” sebutnya.

“Kemudian ada pertandingan seperti futsal, Bulu Tangkis, lomba bakiak, lomba kasti putri, lomba lari karung estafet, lomba menyanyi kategori umum pimpinan instansi dan institusi kesehatan, senam bersama, lomba cipta menu germas dan pemilihan putri kesehatan se-Luwu Raya yang dilanjutkan dengan Carnaval dan jalan santai,” sambungnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo Irsan Anugrah mengungkapkan jika panitia pelaksana menyiapkan persiapan dalam waktu 3 minggu.

“Alhamdulillah bisa berjalan dengan baik dan lancar. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Walikota Palopo, panitia pelaksana dan seluruh sponsor kegiatan,” ucapnya.

Dikatakannya, tujuan pelaksanaan kegiatan malam ramah tamah ini merupakan bentuk rasa syukur selaku insan kesehatan.

“Sebagai insan kesehatan harus terlibat secar aktif dalam pembangunan dan pelayanan kesehatan yang bermutu di Kota Palopo,” ujarnya.

Disebutkannya, dalam 1 tahun terkahir ini Kota Palopo telah mendapatkan pencapaian yang membanggakan diantaranya Kota Palopo telah menjadi Kota wisata kesehatan dengan jumlah 7 rumah sakit dan 12 puskesmas yang tersebar dibeberapa kecamatan.

“Pelayanan kesehatan didukung dengan laboratorium kesehatan daerah, UPT jemput antar yang dilakukan Pemerintah dalam pelayanan kesehatan di Kota Palopo, Kota Palopo di tahun ini juga mendapatkan predikat Universal Health Coverage (UHC),” katanya.

Dirinya juga memastikan jika masyarakat tidak perlu khawatir lagi kalau ada masyarakat yang terlantar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sebab katanya, Kota Palopo sudah berstatus Universal Health Coverage (UHC).

“Tidak ada lagi masyarakat kita yang tidak dijaminkan oleh jaminan kesehatan nasional,” ungkapnya.

Kadis Kesehatan Irsan Anugrah juga menuturkan jika Pj Walikota Palopo telah mencanangkan gerakan semesta stunting.

“Semua elemen lembaga-lembaga yang ada di Kota Palopo berkolaborasi bersama dan terlibat secara aktif dalam melakukan penanganan dan pencegahan penyakit stunting di Kota Palopo,” jelasnya.

PLH Sekda Kota Palopo Ilham Hamid mengatakan jika dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan bisa mendukung salah satu program unggulan Pj Walikota Palopo adalah bagaimana Kota Palopo di tahun 2024 terbebas dari stunting.

“Masih ada 228 anak yang masih terkena stunting, sehingga diharapkan program unggulan Walikota dalam APBD tahun 2024 itu Kota Palopo sudah Zero stunting dan program selanjutnya ialah Kota Palopo terbebas dari kemiskinan ekstrim,” ucap Ilham menyampaikan sambutan PJ Walikota Palopo Asrul Sani.

“Kemudian ada beberapa program unggulan Walikota yakni memastikan bahwa pemilu tahun 2024, pemilu legislatif, presiden, gubernur, bupati/walikota berjalan dengan aman,” jelasnya menambahkan.

Dijelaskannya, Pj Walikota Palopo dalam interval waktu beberapa bulan terkahir akan dievaluasi oleh Pj Gubernur Sulawesi-selatan dan Kemendagri.

Untuk itu, dirinya meminta bagaimana program unggulan yang ada itu didukung oleh penuh oleh perangkat daerah.

“Salah satunya adalah bagaimana kita bisa menjaga fluktuasi pergerakan inflasi sesuai arahan bapak Presiden melalui beberapa kepala daerah baik itu gubernur Walikota/Bupati di Istana kepresiden beberapa minggu yang lalu,” ujarnya.

“Saya analogikan bahwa fluktuasi inflasi ini seperti orang demam, kedinginan tidak baik, kepanasan juga tidak baik jadi kita baiknya berada di posisi tengah atau inflasi dalam artian bisa dijaga dan diatasi secara bersama-sama agar tetap dalam posisi stabil,” tambah Ilhan.

Malam Ramah Tamah Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 59 yang dirangkaikan dengan pemilihan Putri Kesehatan se Luwu Raya Tahun 2023 diharapkan bisa memberikan pemahaman memberikan pemahaman kesehatan kepada masyarakat pentingnya hidup sehat dari berbagai aspek.

“Sehingga dengan adanya duta-duta kesehatan seluruh masyarakat di Kota Palopo dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, Pemerintah Kota Palopo akan terus mendukung kegiatan seperti ini sehingga nantinya bisa maksimal dalam tugas dan fungsi yang diberikan,” pungkasnya.