Andi Hatta Marakarma Reses di Palopo, Serap Aspirasi Masyarakat Soal Banjir, Pertanian dan Pariwisata

INDEKSMEDIA.ID – Memasuki masa sidang I Tahun 2023/2024 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan reses di berbagai daerah dapil masing-masing.

Hal tersebut juga di lakukan oleh Anggota DPRD Dapil XI Sulsel, Andi Hatta Marakarma yang menyambangi warga kawasan Latuppa Kelurahan Murante, Kota Palopo pada Selasa (7/11) pagi.

Dirinya mengatakan reses dan temu konstituen ini bertujuan untuk menghimpun segenap aspirasi masyarakat di dapilnya.

“Saya disini mau mendengar perintah langsung dari masyarakat,” katanya.

“Saya tidak akan banyak menjelaskan di reses ini, yang harus banyak menjelaskan disini itu masyarakat menyampaikan aspirasinya,” sambungnya.

Dalam reses tersebut, diikuti oleh ratusan warga yang terdapat pula didalamnya tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan serta tokoh agama.

Terpantau oleh wartawan indeksmedia, kehadiran wakil rakyat tersebut mendapatkan antusias yang luar biasa dari masyarakat untuk menyampaikan beragam aspirasi.

Salah satu tokoh masyarakat, Alfri Jamil, menyampaikan terkait tapal batas wilayah perbatasan Palopo.

Pasalnya terdapat fenomena masyarakat diperbatasan yang memiliki identitas penduduk Palopo namun mengurus izin usaha di wilayah tetangga.

“Hal ini bisa menyulut masalah sosial antara kedua wilayah,” ujarnya.

Selain itu, warga yang lain juga mengeluhkan infrastruktur yang belum memadai untuk menghentikan banjir yang kerap membawa material batu dengan ukuran yang besar.

Lebih lanjut, masyarakat juga menyampaikan kebutuhan pupuk bagi kelompok tani dan sektor pariwisata yang masih perlu diperhatikan utamanya yang berada di wilayah Latuppa.

Terpantau banyak warga yang ingin menyampaikan aspirasi namun karena terkendala waktu, hanya beberapa yang bisa mengungkapkan aspirasinya.

Untuk itu, Andi Hatta memberikan kesempatan pada yang lain untuk menulis aspirasi yang kedepannya akan ia jadikan sebagai sebuah laporan dan dibahasnya dalam Sidang Paripurna.

“Aspirasita semua bisa ditulis, yang paling penting sebenarnya dari kegiatan ini adalah silaturahmi dengan masyarakat dan keluarga yang saya wakilkan,” jelasnya.

“Segala aspirasi yang disampaikan warga ini akan saya catat dan perjuangkan pada paripurna usai masa reses selesai,” pungkasnya.

Diketahui, selain resea agenda Andi Hatta Marakarma menyambangi warga Kelurahan Balandai, Kecamatan Bara, Kota Palopo.

Sementara besok (8/11) dirinya akan melintas menuju Luwu Utara di 2 titik reses dan pada hari selanjutnya (9/11) akan berakhir di Luwu Timur pada 2 titik. (Caca)