Wow !!! Dinkes Kutim Lampaui Target Pemberiaan BPJS Gratis ke Warga

INDEKSMEDIA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) terus membenahi fasilitas kesehatan demi kenyamanan masyarakatnya. Salah satunya ialah, pemberian BPJS gratis kepada warganya.

Program ini telah dijalankan Dinas Kesehatan Kutim. Bahkan, telah melampaui target yang diberikan kepada Dinas Kesehatan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehata (Dinkes) Kutim, dr Bahrani. Pemberian BPJS Kesehatan sendiri sebagai jaminan kesehatan gratis bagi masyarakat yang tidak mampu.

Iuran BPJS Kesehatan masyarakat yang tidak mampu bakal ditanggung oleh Pemkab Kutim.

“Jadi bagi masyarakat yang tidak mampu bisa mendapatkan BPJS Kesehatan gratis dari pemerintah, tinggal datang saja ke Dinas Sosial bawa KTP,” ungkap Kepala Dinas Kehatan Kutim, Bahrani Hasanal beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan setelah membawa persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar BPJS Kesehatan, nanti pihak Dinas Sosial akan mengusulkan ke BPJS Kesehatan.

Tak hanya itu, bahkan oleh pemerintah pusat ditargetkan setiap daerah harus mencapai minimal 98 persen masyarakatnya menjadi peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) atau BPJS Kesehatan.

Sedangkan di Kutai Timur, Bahrani menjelaskan telah mencapai lebih dari 100 persen masyarakatnya memiliki BPJS kesehatan dari target yang ditentukan.

“Soalnya di Kutai Timur ini banyak yang berdatangan, jadi ada terus dan nambah tetus pencapaian peserta BPJS Kesehatannya,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, ia meminta kepada masyarakat agar memanfaatkan fasilitas tersebut agar mendapat pelayanan kesehatan secara gratis.

Apalagi saat ini Kutai Timur telah mengantongi predikat Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan.

“Artinya, dalam waktu 1×24 jam dari pendaftaran kepesertaan, BPJSnya sudah aktif, berbeda dengan sebelumnya harus nunggu beberapa hari dulu baru aktif,” pungkasnya. (adv)