Jadi Penilaian Adipura, DLH Kutim Beri Perhatian Khusus TPA

INDEKSMEDIA.ID – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kutai Timur, Armin Azhar memberikan perhatian khusus pada Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

Hal itu diungkapkan saat ditemui beberapa waktu lalu. Dia mengatakan TPA merupakan penilaian tertinggi dalam Adipura. Untuk itu, pihaknya sangat memperhatikan TPA.

“Apa tujuan saya untuk adipura kedepan karena penilaian atau scooring tertinggi untuk adipura itu ada di TPA. Makanya TPA ini betul betul menjadi perhatian khusus,” ujar Armin.

Dia juga menampik bahwa TPA di Sangatta sudah full. Dia menjelaskan pada bagian TPA masih kosong. Hanya saja armada pengangkut sampah kesulitan untuk sampai ke tengah lantaran dikhawatirkan bakal amblas.

“Jadi di tengah tengah itu ada lubang. Cuma karena damping areanya truk ini tidak ada. Mereka mendamping mencari daerah yang padat jadi sampai mereka damping di pinggir jalan,” katanya.

“Memang rencana saya ke depan. Di sana saya mau bikin sanitari lentil jadi sampah yang di sana itu diratakan, kemudian ditimbun dengan tanah,” sambungnya.

Untuk mengatasi permasalah yang ada di TPA, Amrin mengaku akan melakukan metode sanitary landfill. Metode itu dilakukan setelah sampah itu diratakan dan ditimbun.

“Itu kita akan lakukan dan setelah nanti diratakan, itu ditimbun dengan tanah itu akan lapang begini luas. Nah disitulah bebas mobil bermanuver kembali,” ujarnya.

Armin juga menjelaskan pengolahan sampah yang ada di Kutim. Dia mengatakan pengolahan sampah dilakukan dengan cara dipilah oleh kelompok pemulung.

“Jadi banyak kelompok kelompok pemulung yang ada di sekitar TPA itu. Kita perbolehkan untuk mengambil material material yang masih bernilai ekonomis seperti plastik-plastik gitu,” jelasnya.

Untuk membuat sampah TPA tidak sampai menganggu masyarakat, dirinya akan melakukan penghijauan di sekeliling TPA tersebut.

“Jadi tujuannya penghijauan itu untuk menangkap bau yang mau ke udara. Masalah sampah memang butuh perhatian khusus untuk itu. Tapi alhamdulillah dengan kerja sama semua tim tim mobile ya kita lihat kondisi Sangatta pada khususnya sudah mulai kelihatan bersih,” ujarnya.

“Sampah sudah Insyaallah aman. Memang tinggal pengolahan di TPA ini yang diberi perhatian khusus,” lanjutnya. (adv)