Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024, Pj Gubernur Ingatkan ASN Jaga Netralitas

INDEKSMEDIA.ID – Pj Gubenur Sulawesi Selatan Baktiar Baharuddin melakukan kunjungan Kerja di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Minggu (05/11/2023).

Selain kunjungan kerja Pencanangan Gerakan Gemar Menanam Pisang (G2MP), Pj Gubernur juga menghadiri Deklarasi Damai Pemilu 2024.

Dalam Deklarasi Damai Pemilu itu, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengingatkan pentingnya menjaga netralitas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kepada ASN lingkup Pemerintah Kota Palopo untuk selalu menjaga netralitasnya dalam mewujudkan Pemilu damai dan berintegritas,” katanya.

Sementara itu, Pj Walikota Palopo Asrul Sani menyampaikan bahwa dalam menyukseskan Pemilu, perlu adanya kerjasama dalam suatu sistem guna mengantisipasi pencegahan dan potensi konflik, agar terwujudnya pemilu damai di Kota Palopo.

“Di Kota Palopo pak Gubernur, jumlah wajib pilihnya ada sekitar 130.000, yang terdiri dari 9 Kecamatan dan 48 kecamatan dengan jumlah TPS sebanyak 506,” kata Asrul Sani, dalam sambutannya.

Dikatakannya, jika pihaknya juga sudah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu.

“Deklarasi Pemilu damai ini merupakan bentuk keseriusan kita untuk menciptakan pemilu yang aman, damai dan berintegritas,” ungkapnya.

Dirinya juga mengingatkan jika Netralitas ASN merupakan hal yang penting dalam penyelenggaraan Pemilu.

“Dimana ASN harus bersikap netral dalam pemilu, baik dalam ucapan dan tindakan, sehingga dapat menjaga integritas pemilu dan mencegah terjadinya kecurangan,” pungkasnya.

Usai melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai, Pj Gubernur didampingi PJ Walikota Palopo Asrul Sani juga meninjau Lokasi Stand Pasar Murah dan stand TP PKK Palopo.