Akutansi Award 2023, Bupati Kutai Timur Instruksikan Tingkatan Kualias Pelaporan Keuangan

INDEKSMEDIA.ID – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menginstruksikan kepada seluruh perwakilan Perangkat Daerah (PD) hingga kecamatan di Kutai Timur (Kutim), untuk memacu diri dalam meningkatkan kualitas pelaporan keuangan.

Terlebih lagi dengan dilaksanakannya ajang Akuntansi Award 2023 di Ballroom Hotel Bumi Senyiur, Samarinda pada Kamis (2/11/2023) malam.

Kegiatan ini bahkan disaksikan langsung oleh pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP-RI) Perwakilan Kalimantan Timur Hasoloan Manalu, lalu pihak Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kanwil DJKN Kaltimtara), Pimpinan Bank Kaltimra Sangatta.

Ardiansyah Sulaiman menerangkan telah jauh-jauh hari dirinya mengetahui esensi dari kegiatan Akuntansi Award 2023, bahkan disampaikan langsung oleh Almarhum Teddy Febrian saat menjabat Kepala BPKAD.

Terlebih kesan itu begitu mendalam, karena ini merupakan inisiasi beliau beserta rekan-rekan di BPKAD.

Sehingga dilakukannya pemberian award pada pihak-pihak terkait, di bawah kepemimpinannya di Pemkab Kutim.

Mampu memancing alias memotivasi upaya percepatan pelaporan akuntansi dan pelaporan keuangan daerah, untuk mendukung upaya good governance. Serta menjadi amal jariyah.

“Semoga kegiatan ini memberi nuansa terbaik untuk seluruh entitas di Kutim. Sehingga terasa manfaat dari agenda yang ada, mulai dari workshop hingga penganugerahan award. Kita bertekad untuk terus memberikan yang terbaik untuk Kutim,” tegas pria yang identik dengan kacamatanya tersebut.

Orang nomor satu di Kutim itu mengingatkan, sebagaimana penggalan lagu Mars Kutim. Dimana semua pihak tidak akan pernah lupa, terkait dengan apa yang sudah diamanahkan dalam mars tersebut.

“Ku bertekad dukung pemerintah, mensejahterakan Kutim bahagia. Ku bertekad dukung pemerintah, mewujudkan cita Ku sejahtera. Sehingga kita harus bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, serta bekerja tuntas,” terang Ardiansyah Sulaiman mengutip lirik mars Kutim.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muhammad Hamdan menerangkan, acara penganugerahan Akuntansi Award 2023 merupakan penghargaan atas kerja keras perangkat dinas dalam penyampaian laporan keuangan.

Dia juga mengajak semua pihak mengingat upaya yang dilakukan bersama oleh semua pihak, termasuk Kepala BPKAD sebelumnya yang terus menngenjot Kutim agar menggapai Opini WTP.

“Sejatinya yang berdiri disini H Teddy Febrian, saya hanya sebagai Plt. Akuntansi Award merupakan kerja keras beliau, mengingat kegiatan ini adalah kedua kalinya dilaksanakan dalam waktu tiga tahun terakhir,” ungkapnya.

Dia juga mengajak semua pihak, menelusuri kembali ikhwal kegiatan award tersebut.

Dilanjutkannya, setelah dua tahun Kutim mendapatkan Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), maka pada tahun 2022 lalu kita mampu meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Acara malam ini dimaksudkan untuk menguatkan tekad untuk mempertahankan prestasi tersebut.

“Kita bertekad untuk mempertahankan Opini WTP kembali. Tentu dibutuhkan tekad dan kerja keras dari semua pihak. Anugerah malam ini diharapkan mampu menjadi stimulus untuk meningkatkan kredibilitas Kutim ditingkat Provinsi hingga Nasional,” tandasnya. (adv)