Sharing Pusdalops PB, BPBD Palopo Terima Kunjungan Kerja BPBD Kabupaten Parigi Moutong

INDEKSMEDIA.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo menerima kunjungan kerja BPBD Kabupaten Parigi Moutong, Selasa (31/10).

Kunjungan 40 orang rombongan BPBD Kabupaten Parigi Moutong itu diterima langsung oleh kepala pelaksana BPBD Kota Palopo Burhan Nurdin, di auditorium Saokotae kompleks rumah Jabatan Walikota Palopo.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Parigi Moutong, Idran memberikan apresiasi terhadap pemerintah dan masyarakat Kota Palopo yang telah beberapa kali menyalurkan bantuan kemanusian.

“Kita apresiasi atas solidaritas masyarakat Kota Palopo dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan saat terjadi bencana alam gempa bumi yang melanda Palu dan Parigi Moutong pada Oktober 2018,” ucapnya.

Menurutnya bahwa kunjungan BPBD Parigi Moutong di Kota Palopo adalah dalam rangka untuk sharing pengalaman tentang pengelolaan pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana (Pusdalops PB).

“Selain itu juga terkait pelaksanaan dan penerapan kajian resiko bencana dan sistem pengelolaan dana siap pakai dan pola penyaluran logistik,” katanya.

Idran menambahkan, hal ini juga dilakukan sebagai upaya dalam menjalin sinergitas antara pemerintah daerah.

“Juga sebagai langkah untuk membangun acuan kerja dalam mengantisipasi dan mencegah dampak bencana alam, terlebih lagi di daerah Parigi Moutong seringkali kali terjadi gempa bumi. Bahkan hampir tiap hari terjadi gempa bumi meskipun dalam skala kecil,” tambahnya.

Sementara itu, kepala pelaksana BPBD Kota Palopo Burhan Nurdin mengaku berbangga mendapat kunjungan dari BPBD Kabupaten Parigi Moutong.

Burhan mengatakan bahwa hal ini menjadi penyemangat bagi jajarannya dalam meningkatkan kinerja terhadap kewaspadaan terhadap bencana alam.

Mengingat bahwa Palopo pernah masuk salah satu daerah rawan bencana di Sulawesi Selatan.

“Namun demikian, dengan kekuatan personil sebanyak 62 orang ini akan terus berusaha memberikan pelayanan kegawatdaruratan yang maksimal kada masyarakat,” katanya.

Dalam menyambut kunjungan kerja rombongan BPBD Kabupaten Parigi Moutong, pihaknya menyuguhkan berbagai macam makanan khas kearifan lokal masyarakat Kota Palopo.

“Ini kita lakukan sebagai tindak lanjut arahan Pj.Walikota Palopo dalam mengenalkan produk UMKM di daerah ini,” pungkasnya.