Kampanye Germas, Bupati Kutai Timur Ajak Masyarakat Hidup Sehat

INDEKSMEDIA.ID – Dalam kunjungan kerja ke Kecamatan Busang awal pekan ini, Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman bersama Bunda PAUD Hj Siti Robiah meresmikan beberapa proyek pembangunan.

Proyek yang direkomendasikan antara lain Peningkatan Jalan Penghubung Desa Long Pejeng – Long Lees- Long Nyelong sepanjang 1,226 kilometer dan penyerahan bantuan mobil operasional Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Damkarhutla) kepada Tim Damkarhutla Busang pada Selasa (31/10/2023).

Selain kegiatan tersebut, agenda Bupati lainnya menggalakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang ditandai dengan penandatanganan komitmen hidup sehat.

Germas adalah suatu gerakan kesadaran kolektif yang dilakukan bersama-sama berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dengan melakukan altivitas fisik secara teratur, konsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara berkala, menggunakan jamban sehat, tidak merokok dan minum minuman beralkohol serta menjaga kebersihan lingkungan.

“Marilah memulai Germas ini dari diri kita, keluarga dan lingkungan kita sendiri. Germas ini sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengampanyekan atau menggaungkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasan dan perilaku yang kurang sehat,” ujarnya.

Ardiansyah menekankan tujuan utama Germas yakni menurunkan kasus penyakit dan beban pembiayaan kesehatan.

Serta menghindarkan penurunan produktivitas penduduk. “Ingat, kita tetap harus tetap menjaga perilaku hidup dan pola makan. Salah satunya rutin berolahraga dan cek kesehatan. Apalagi di usia yang sudah tidak muda lagi,” kata Ardiansyah.

Menurut Ardiansyah, kesehatan adalah salah satu anugerah yang harus selalu dijaga.

Dengan memiliki raga yang bugar, tentu saja akan dan menjadi salah satu faktor penting dalam menjalani aktivitas.

Selain tetap memperhatikan lingkungan yang sehat dan bersih. Di lokasi kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutim dr Bahrani berharap Germas bisa menjadi budaya bagi seluruh masyarakat, termasuk warga Busang.

Sebab, dengan membiasakan pola hidup sehat ini, di berharap usia manusia bisa menjadi lebih panjang dengan derajat kesehatan yang tinggi.

“Jadi percuma kalau umur panjang tapi di kursi roda, dengan berbagai penyakit yang dialami. Maka kita harus membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Kita harapkan, kita bisa berumur panjang dengan derajat kesehatan hidup yang baik,” ucap dr Bahrani, saat mendampingi kunjungan kerja Bupati ke Busang. (adv)