Ambil Bagian di Expo Kutim 2023, Disdikbud Konsisten Angkat Bahasa Kutai

INDEKSMEDIA.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pernah menjadi juara II stand kreatif dan design terbaik pada Expo tahun 2022 lalu.

Oleh sebab itu, Disdikbud Kutai Timur tahun ini ingin tetap eksis dengan menampilkan tema digitalisasi di lingkungan pendidikan.

Disampaikan Kepala Disdikbud Kutim, Mulyono melalui Sekretarisnya, Irma Yuwinda bahwa tema yang diangkat pada tahun Pekan Raya Expo Kutim 2023 ini menggunakan bahasa daerah Kutai.

Dimana tema yang diambil oleh Disdikbud Kutim ‘Ayo Etam Bebaya Beinovasi Wujudkan Merdeka Belajar di Benua Etam’.

“Kami konsisten mengusung bahasa Kutai karena secara formal kami juga mengusung muatan lokal bahasa Kutai di seluruh jajaran jenjang SD dan SMP,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengangkat sistem digitalisasi dalam satuan pendidikan dengan menyiapkan perangkat digitalisasi yang digunakan di sekolah-sekolah.

Nampak gambaran tatanan ruang yang menggunakan sistem digital dengan memanfaatkan laptop untuk mengakses chrome book bagi guru, alat peraga PAUD, serta prestasi Disdikbud Kutim pada tahun 2022 lalu.

Selain itu, juga nampak beberapa duta budaya yang mengenakan busana khas Kutai Timur untuk mengenalkan secara nomenklatur baru bahwa Kebudayaan masuk dalam Dinas Pendidikan.

“Sedangkan untuk kebudayaan kami menampilkan para Duta Budaya yang akan mewakili Kutai Timur di Provinsi Kaltim serta penampilan model ‘Magic Land,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah membuka secara resmi Kutai Expo, Senin (23/10/2023).

Expo tersebut merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT Kutim ke-24. Ada sebanyak 111 stand turut meramaikan kegiatan itu.

Ardiansyah mengatakan tema kegiatan itu bersatu untuk maju dan sejahtera untuk semua.

Kemudian terkait dengan tematik pada expo tahun ini, yaitu pekan raya Kutai Timur expo 2023, perkuat ekonomi kerakyatan bersatu, membangun kutai timur sejahtera untuk semua.

“Dalam usia yang masih muda. Pemuda ini kita berharap bahwa Kutai Timur akan terus maju kota timur akan terus berkembang,” katanya.

Dia juga menjelaskan Kutai timur akan terus memberikan yang terbaik kepada masyarakatnya. Kutai timur akan terus dibangun berdasarkan rencana pembangunan yang sudah disiapkan RPJPD pertama 2000-2025 yang tidak lama lagi akan berakhir. (adv)