KPH Ulubila Bone Bakal Study Tiru Pembuatan Gula Cair di Luwu

INDEKSMEDIA.ID – Produksi gula aren dalam bentuk beku dan cair terus dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Luwu.

Produksi gula aren itu terus digeluti oleh Kelompok Tani Hutan Kandang Ledo Desa Tumbubara, Kecamatan Bajo Barat, Kabupaten Luwu.

Demikian dikatakan pendamping Perhutanan Sosial Kabupaten Luwu Ismail Ishak, Rabu, 25 Oktober 2023.

“Saat ini gula semut dan gula cair banyak digunakan untuk pembuatan minuman-minuman yang digandrungi anak muda,” katanya.

Dengan adanya produksi gula tersebut membuat KTH Kandang Ledo melakukan kunjungan Studi Tiru dari Kabupaten Bone untuk datang belajar terkait pembuatan gula cair.

“Berdasarkan dengan surat permintaan study tiru yang masuk di KPH Latimojong, ada 3 Kelompok tani dan bersama dengan penyuluh kehutanan dari Kabupaten Bone yang akan datang belajar di Tumbubara,” ungkapnya.

Hal itu juga dibenarkan oleh Kepala KPH Latimojong Hasrul, yang mengatakan jika akan ada kunjungan Kelompok Tani Hutan dibawah naungan KPH Ulubila untuk datang belajar di Tumbubara terkait pembuatan gula cair.

“Kedatangan kelompok tani hutan KPH Ulubila ini menjadi kunjungan studi tiru yang pertama berkat adanya usaha pengelolaan hasil hutan bukan kayu yang dikembangkan oleh kelompok dan didampingi oleh pendamping Perhutanan sosial mengembangkan gula semut dan gula cair di Tumbubara,” jelasnya.