Mahfud MD Dipanggil Jokowi ke Istana, Ada Apa?

INDEKSMEDIA.ID—Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Mengutip Cnbc Indonesia, Mahfud tiba di kompleks Istana Kepresidenan sekitar pukul 15.17 WIB dengan mobil Alphard hitam pelat RI 14. Turun dari mobilnya, Mahfud langsung bergegas menuju pintu gerbang istana dan hanya menjawab beberapa pertanyaan wartawan secara singkat.

“Ketemu presiden, kan menteri, biasa,” kata Mahfud saat ditanya mengenai agenda rapat.

Ini merupakan pertemuan pertama Jokowi dengan Mahfud pascamaju sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo pada Rabu (18/10/2023). Saat itu, Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke China dan Arab Saudi.

Sebelumnya, Mahfud telah mengajukan beberapa surat kepada Jokowi. Pertama meminta restu hingga mengajukan cuti saat pendaftaran capres dan cawapres kepada kepala negara. Hal ini dilakukan usai dirinya ditunjuk sebagai pendamping Ganjar sebagai cawapres.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan surat pertama merupakan permohonan persetujuan untuk mendaftar sebagai cawapres per tanggal 18 Oktober 2023 ini. Surat kedua merupakan permohonan persetujuan cuti 1 hari pada 19 Oktober 2023, guna mendaftarkan diri sebagai cawapres.

Sedangkan surat ketiga mengenai surat permohonan menghadap Jokowi untuk memberikan laporan langsung untuk menjadi cawapres per 18 Oktober 2023 ini.(*)