Peringati Hari Santri, KPU Luwu Utara Nobar Film Kejarlah Janji

INDEKSNEDIA.ID—Berbagi cara dilakukan dalam meningkatkan partisipasi dan pendidikan pemilih demi suksesnya pemilu tahun 2024. Salah satunya seperti yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) yakni menggelar nonton bareng (Nobar) film dengan judul “Kejarlah Janji”.

Nobar tersebut sebagai peringatan Hari Santri Nasional (HSN), Kegiatan berlangsung diaula pondok pesantren (Pompes) Darul Arqam Muhammadiyah Balebo Masamba Minggu, 22/10/2023.

Komisioner KPU Lutra divisi Parmas dan SDM Mahlisa mengatakan Nobar Pompes dirangkai dalam program KPU Goes to Pesantren, merupakan upaya untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih ditempat lembaga pendidikan salah satunya adalah Ponpes.

“Sosialisasi melalui Nobar adalah inovasi KPU untuk menghibur yang digelar secara serentak dalam mendekatkan pemilu kepada masyarakat sembari memperingati hari santri Nasional (HSN) 22 Oktober 2023,” ujarnya.

Mahlisa menambahkan, nonton bareng film Kejarlah Janji, yang dibuat dari kolaborasi antara KPU dan Sutradara Garin Nugroho, untuk mensosialisasikan pesan-pesan moral dalam menghadapi pemilu 2024, seperti, ajakan ke TPS, jangan golput, memilih pemimpin dengan melihat, track record, bijak dalam menilai berita untuk menghindari hoax, membangun sikap toleransi, dan melawan politik uang.

Selain itu, sebut Mahlisa semangat film itu bercerita untuk mendorong generasi muda, terutama pemilih pemula untuk lebih peduli dengan dunia politik, turut berpartisipasi dalam proses pemilu pada 14 Februari 2024 akan dilaksankan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI dan DPD RI.

Ditempat yang sama pimpinan Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo H. Untung Sunardi menyambut baik upaya KPU untuk mensosialisasikan pentingnya Pemilu pada pemilih pemula di lembaga itu melalui Nobar.

“Insyaallah kami akan terus mendorong dan mensosialisasikan, sebab menurutnya, film Kejarlah Janji bukan hanya sekadar tontonan, melainkan terdapat makna tersirat yang bisa menjadi tuntunan bagi santri yang sudah mempunyai hak pilih dalam menghadapi Pemilu 2024.” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua KPU Lutra Hayu Vandy, Komisioner KPU Ayyub Siswanto, Umung Kallang, Mahsyar, Sekretaris KPU Fitria, Kasubag dan Staf dan para pembina Pompes yang diikuti oleh 150 santri pemilih pemula. (*)