Mengenal Gibran Putra Jokowi, Cawapres Prabowo di Pilpres 2024, Ini Rekam Jejak Pendidikannya

INDEKSMEDIA.ID – Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi diusung oleh Partai Golkar menjadi Cawapres 2024 bersama Prabowo Subianto.

Gibran diumumkan secara resmi oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto saat membuka rapat pimpinan nasional (Rapimnas) partai berlambang pohon beringin itu pada Sabtu (20/10/2023).

Lantas, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto resmi mengumumkan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon wakil presidennya, Minggu (22/10/2023) malam.

Gibran Rakabuming Raka atau kerap disapa Gibran merupakan putra kelahiran Surakarta yang lahir pada tanggal 1 oktober 1987 (36 tahun).

Gibran Rakabuming merupakan putra sulung dari Presiden Joko Widodo dan Iriana, ia memiliki 2 adik yakni Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Pria berusia 36 tahun itu menikah dengan Selvi Ananda Putri pada 11 Juni 2015, seorang wanita cantik yang pernah mengikuti pemilihan putri solo.

Dari pernikahan tersebut, Gibran dan Selvi dikaruniai dua orang anak, yakni Jan Ethes Srinarendra (2016) dan La Lembah Manah (2019).

Riwayat pendidikan Gibran

Setelah menyelesaikan pendidikan SD Mangkubumen Kidul, Surakarta.

Lanjut Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Surakarta.

Gibran kemudian pindah ke Singapura pada SMP dan kemudian melanjutkan sekolahnya yang setingkat SMA di Orchid Park Secondary School, Singapura pada 2002.

Lalu pada tahun 2007 tingkat perkuliahan, Gibran Rakabuming lulus dari Management Development Institute of Singapore.

Ia kemudian kembali melanjutkan studinya ke Program Insearch di University of Technology Sydney Insearch, Sydney, Australia sampai lulus pada tahun 2010.

Karier bidang usaha

Setelah kembali ke Indonesia, Gibran mengikuti jejak sang bapak menjadi pengusaha.

Usaha pertama yang ia buka adalah bidang makanan, katering dengan nama Chili Pari.

Pada tahun 2017, Gibran mendirikan sebuah restoran Pasta buntel yang berfokus pada makanan italia.

Gibran juga membuka usaha bernama kopi CS Coffee Shop dan Ceker Ayam Bakar.

Kemudian pada 2016, Gibran mendirikan sebuah usaha perbaikan elektronik atau reparasi produk khusus Apple dengan nama iColor.

Usaha lainnya yang tidak bergerak di bidang makanan yang dibuat oleh Gibran adalah, usaha jas hujan bernama Tugas Negara Bos.

Pada 2018, Gibran kembali membuka usaha. Usahanya kali ini dilakukan bersama temannya, Kevin Susanto. Mereka mendirikan perusahaan startup bernama Goola, yang berfokus kuliner.

Goola, berhasil menerima pendanaan dari Alpha JWC Ventures sebesar US$5 juta atau setara dengan Rp70 Miliar.

Tak berhenti di situ, pada tahun 2019, Gibran berkolaborasi dengan adiknya, Kaesang Pangarep dan chef Arnold Poernomo mendirikan sebuah restoran bernama Mangkok Ku.

Kembali bekerja sama dengan sang adik, Kaesang Pangarep, Gibran mendirikan lagi perusahaan produk makanan dan minuman dengan nama Kemripik dan Ngedrink.

Aktifnya Gibran di dunia usaha, membuatnya pernah menduduki jabatan sebagai Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Selain itu, dia juga pernah didapuk sebagai Komisaris PT Rakabu Sejahtera.

Karir politik Gibran

Kemudian pada tahun 2020, putra sulung Jokowi mengejutkan sejumlah pihak lantaran mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo dari PDIP untuk pemilihan Wali Kota Solo.

Hingga kini Gibran menjabat sebagai Wali Kota Solo 2021-2026.

Masuknya ia ke dunia politik mendapat banyak cibiran hingga kritikan dari berbagai pihak.

Pengamat banyak menentang tuduhan praktik politik dinasti dalam keluarga Joko Widodo, yang kini masih menjabat Presiden.

Karena selama ini anak-anak Jokowi terkenal sebagai pengusaha dan tidak ada yang terjun ke dunia politik.

Pada 2020 ia memulai karier politiknya.

Gibran berpasangan dengan wakilnya, Teguh Prakasa. Mereka diusung oleh PDIP, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dalam ajang pemilihan Wali Kota Solo 2020, Gibran berhasil menang dengan perolehan suara sebesar 225.451 atau setara 86,53 persen melawan pasangan Bagyo Wahyono dan FX Suparjo.

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakasa resmi dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo pada 26 Februari 2021. (*)