Penyandang Disabilitas Dibekali Penguatan Kepemiluan Oleh Bawaslu Luwu Utara

INDEKSMEDIA.ID—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Utara (Lutra) lakukan fasilitasi penguatan pemahaman kepemiluan kepada Disabilitas di Cafe Topten, Kelurahan Baliase, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Minggu (22/10/2022).

Ketua Panitia, Nurmaeda dalam laporannya mengungkapkan bahwa tujuan daripada kegiatan ini ialah untuk meningkatkan motivasi kepada penyandang Disabilitas dalam menyukseskan Pemilu tahun 2024.

Sementara, Komisioner Bawaslu Tasran menuturkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mensosialisasikan pemahaman kepemiluan kepada penyandang disabilitas atau difabel yang ada di Luwu Utara.

“Penyandang disabilitas juga mempunyai hak suara,” ucap Komisioner Bawaslu Kabupaten Luwu Utara.

Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Utara Muhajirin Daud dalam kesempatannya menyebutkan jika sangat bangga atas kehadiran para peserta pada kegiatan tersebut. Pemilu ini adalah tanggung jawab bersama.

“Kami dari Bawaslu nanti akan pastikan TPS (tempat pemungutan suara) agar ramah lingkungan terkhusus kepada penyandang Disabilitas untuk menentukan hak suara yang mereka miliki,” ucap Muhajirin.

“Kita nantinya akan memberikan perlakukan khusus bagi penyandang disabilitas dan berharap agar melaporkan keberadaan anggotanya dimana pun dia berada untuk diakomodir,” tambah Muhajirin sambil membuka acara Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas.

Sementara itu Ketua PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia) Luwu Utara Makmur kepada awak media berharap dengan adanya kegiatan ini, seluruh penyandang disabilitas agar kemudian bisa tersentuh dalam hal menyalurkan hak suaranya di sejumlah daerah yang ada di Luwu Utara.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini tidak ada lagi teman-teman penyandang Disabilitas yang tidak menyalurkan hak pilihnya mengingat kita sudah mendapatkan perlakuan khusus dari penyelenggara Pemilu,” tutur Makmur selaku ketua PPDI Luwu Utara

Kegiatan Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas menghadirkan narasumber mantan Demisioner Bawaslu Kota Makassar Abd. Hafid dengan mengangkat tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tingkatkan Keadilan Pemilu”.