Lahan Seluas 30 Hektar di Bone Hangus Terbakar

INDEKSMEDIA.ID–30 hektare lahan terbakar di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mobil pemadam kebakaran tak bisa menjangkau lokasi kebakaran sehingga api dipadamkan dengan alat seadanya.

“Betul, kebakaran lahan seluas 30 hektare tadi malam,” ujar Babinsa Desa Tajong Koramil 1407-04/Tellusiattingnge Kopda Akram Robur Sabtu (21/10/2023).

Mengutip detik.com, Kebakaran lahan tersebut terjadi di perbatasan Desa Palongki dan Desa Tajong, Kecamatan Tellu Siattinge, Kabupaten Bone pada Jumat (20/10) sekitar pukul 18.00 Wita. Api baru dilihat warga perkampungan saat malam hari.

Akram mengatakan, lokasi kebakaran sekitar 2 km dari pemukiman warga. Lokasi tersebut merupakan area perkebunan jagung milik warga sekitar.

“Namun untuk sumber api belum diketahui secara pasti. Masih dalam penyelidikan,” katanya.

Akram menuturkan, api begitu cepat membesar dengan membakar bekas pohon dan daun jagung kering yang sudah dipanen. Selain itu juga membakar semak dan rumput yang ada di lokasi lahan tersebut.

“Makanya api begitu cepat menjalar dan meluas ke lahan kebun di pegunungan. Sebab ada banyak daun kering dan angin bertiup kencang,” tuturnya.

Akram menambahkan, pihaknya bersama pemerintah desa dan warga langsung beramai-ramai ke lokasi memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya. Sebab mobil Damkar tidak bisa tembus ke lokasi.

“Kurang lebih 150 orang padamkan api menggunakan ranting pohon dan tangki semprot. Karena mobil pemadam kebakaran tidak dapat menjangkau lokasi kebakaran lantaran tidak ada akses jalan kendaraan,” jelasnya.

“Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 22.30 Wita. Warga butuh waktu 4,5 jam untuk memadamkan api,” tutup Akram(*)