Diikuti Jajaran Kemenag dan Pesantren se-Tana Luwu, IAIN Palopo Peringati Hari Santri Nasional

INDEKSMEDIA.ID –Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo mengelar peringatan Hari Santri Nasional, diikuti sejumlah perwakilan Pondok Pesantren se – Tana Luwu, Ahad (22/10/2023).

Selain itu, juga diikuti Ketua Pengadilan Agama Palopo, serta Kepala Kantor Kementerian Agama se-Tana Luwu hingga jajarannya dan tanpa terkecuali jajaran pimpinan IAIN Palopo, guru besar, dosen dan tenaga kependidikan.

Asisten I Ruslan, dalam amanatnya, upacara hari santri nasional 2023 yang digelar di IAIN Palopo adalah hari yang dinantikan semangat diri sebagai santri untuk terus berjuang demi kebaikan dan kemajuan negeri kita.

“Sebagaimana tema Hari Santri tahun ini “Jihad Santri Jayakan Negeri” tema ini terkandung makna yang mendalam, “Kata jihad dalam islam, bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan yang mencakup perjuangan iman, memperdalam ilmu dan memperbaiki diri,” ucap Ruslan.

Ruslan melanjutkan, momentum hari santri ini bagamana merenungkan peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa.

“Sebagai santri kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik tetapi juga bertanggungjawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dalam perilaku sehari-sehari,” katanya.

Menurutnya, santri harus menjadi contoh dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan.

“Toleransi dan persaudaraan. Tentunya kita juga harus mengingat betapa besar perjuangan para santri pada bangsa ini, mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Ruslan menuturkan jika semangat jihad perjuangan santri dahulu dalam menjalankan ajaran agama dan berjuang untuk kemerdekaan Indonesia sangat patut kita teladani.

Upacara berlangsung hikmat, untuk petugas upacara adalah para santri dari Pesantren PMDS Putra dan Putri Palopo.

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan pembukaan Expo Pesantren dan Zikir dan doa bersama sebagai rangkaian semarak Hari Santri 2023. (*/Ainun)