Jokowi Tak Hadiri Pengumuman Cawapres Ganjar Pranowo, Pecah Kongsi ?

INDKESMEDIA.ID – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) tak menghadiri pengumuman Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo yakni Mahfud MD.

Tak hadirnya orang nomor satu di Indonesia itu membuat spekulasi pecahnya kongsi antara Jokowi dengan partainya, PDI Perjuangan (PDIP).

Apalagi santer didengar, anak Jokowi, Gibran disebut-sebut bakal jadi Cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDI-P Puan Maharani angkat bicara. Anak Megawati Soekarnoputri itu menegaskan antara partainya dan Presiden Jokowi tidak mengalami pecah kongsi soal calon wakil presiden (cawapres).

Hal ini disampaikan Puan di kantor DPP PDI-P detik-detik menjelang pengumuman cawapres Ganjar Pranowo. “Enggak ada pecah kongsi, sama sekali. Semuanya baik-baik saja,” kata Puan, Rabu (18/10/2023).

Puan menyatakan bahwa PDI-P tetap menghormati dan menghargai semua sikap politik dari sejumlah tokoh.

Namun, tak disebutkan apakah itu terkait sikap politik Presiden Jokowi untuk Pilpres 2024.

Hari ini, Jokowi tak hadir dalam pengumuman cawapres Ganjar. Ia tengah berada di China untuk kunjungan kerja.

Jokowi dipersepsikan akan mengarahkan dukungan untuk Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Di sisi lain, Puan mengingat pesan Jokowi yang menyerahkan soal pengusungan capres dan cawapres adalah ranah partai politik.

“Pak Jokowi sampaikan urusan capres dan cawapres itu adalah urusan partai politik. Jadi ini merupakan hal daripada partai politik, yaitu PDI Perjuangan bersama partai yang bersama dengan PDI Perjuangan ada Partai Perindo, Hanura, dan PPP,” kata dia.

Hubungan PDI-P dan Jokowi seolah merenggang belakangan ini. Terlebih lagi, Jokowi seolah melempar sinyal dukungan ke capres lain, yaitu Prabowo Subianto.

Bersamaan dengan itu, organisasi relawan Pro Jokowi (Projo) juga telah mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo. Adapun Projo ini adalah pimpinan Ketua Umum Budi Arie Setiadi. (*)