Kemarau Panjang, Enam Desa di Luwu Kesulitan Air Bersih

INDEKSMEDIA.ID – Sebanyak 6 desa di Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), kesulitan air bersih akibat 3 intake atau instalasi pengolahan air minum (IPAM) milik Perumda Tirta Latimojong tak berfungsi secara maksimal.

Ribuan kepala keluarga (KK) terdampak dari kondisi tersebut.

“Kurang lebih 1.000 kepala keluarga yang terdampak,” ujar Plt Direktur Perumda Tirta Latimojong Luwu, H. Sofyan Thamrin, Kamis (12/10/2023).

Sofyan mengungkapkan warga yang terdampak itu tersebar di beberapa kelurahan atau desa. Dia lantas menjelaskan bahwa 3 intake atau IPAM milik Perumda Tirta Latimojong tak berfungsi maksimal karena kemarau panjang.

“Dari 9 intake milik Perumda, 3 intake sumber air baku Larompong, Suli dan Bupon saat ini kering karena kemarau. Yang terdampak ada 6 desa atau kelurahan, yaitu Kelurahan Larompong, Desa Komba, Komba Selatan, Rantebelu, Suli dan Desa Buntu Kunyi,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Perumda Tirta Latimojong Luwu melayani pelanggan di wilayah yang terdampak dengan mensuplai air bersih menggunakan mobil tangki dan upaya pengadaan pompa air baku.

“Kita juga sedang mengupayakan pengadaan pompa air baku untuk dialirkan ke pengolahan air baku,” jelasnya.

Sofyan juga berharap hujan turun dalam waktu dekat. Dia berharap kondisi 3 intake PDAM Latimojong bisa normal kembali.

“Semoga hujan, supaya intake yang kami miliki bisa kembali normal dan pelayanan air bersih ke pelanggan bisa berjalan dengan baik,”harapnya. (*)