Bawaslu Sulsel Ajak Masyarakat Palopo Ciptakan Pemilu Berintegritas dan Demokratis

INDEKSMEDIA.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Kepada Masyarakat, di Palopo Beach Hotel, Kamis, (12/10/2023)

Muh. Syarif selaku panitia kegiatan tersebut mengatakan jika kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengawasi proses pemilu dan mengajak segenap masyarakat untuk terlibat serta berpartisipasi dalam setiap tahapan Pemilu 2024.

“Keterlibatan masyarakat tidak hanya sekedar datang dan memilih, tapi juga melaksanakan pengawasan atas potensi adanya kecurangan yang terjadi,” katanya.

“Serta melaporkan jika adanya kecurangan kepada Bawaslu sebagai lembaga yang bertugas mengawasi proses pemilu dan menindaklanjuti dugaan pelanggaran pemilu,” sambungnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan sosialisasi ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan lembaga Bawaslu kepada masyarakat untuk lebih mengenal, memahami tugas dan kewenangan Bawaslu.

“Hal ini bertujuan agar terjalin hubungan antara Bawaslu dengan masyarakat untuk bersama sama menekan potensi pelanggaran pemilu untuk menciptakan pemilu yang berintegritas dan demokratis,” ajaknya.

Sementara itu, Koordinator pencegahan dan partisipasi masyarakat Bawaslu provinsi Sulawesi Selatan, Saiful Jihad menjelaskan jika pemilihan umum merupakan hak setiap warga Negara untuk mewujudkan kedaulatan rakyat.

“Pemilu adalah hak kita, karena melalui pemilihan umum, masyarakat bisa hadir untuk mengimplementasikan, mewujudkan kedaulatan negara,” jelasnya.

“Melalui pemilu ini masyarakat dengan bebas, sesuai dengan pilihan masing-masing tanpa intimidasi, tanpa mobilisasi hadir untuk memilih siapa yang dianggap sebagai pemimpin kedepan,” ujarnya menambahkan.

Menurutnya, pemilu adalah representasi dan implementasi dari kedaulatan rakyat maka dirinya mengajak masyarakat Kota Palopo untuk bersama-sama menciptakan Pemilu yang damai.

“Pemilu kita ini harus menghadirkan pemilu yang damai, seperti orang yang berpesta, senang, gembira, ada kesejukan. Tapi didalam itu juga ada kualitas yang harus kita jaga bersama,” katanya.

“Semua elemen masyarakat, ayo kita semua sama-sama kawal prosesnya, bukan hanya hasil, tapi mulai dari proses harus kita kawal karena hasil itu lahir dari sebuah proses jika prosesnya baik maka insya Allah akan menghasilkan yang baik,” pintanya. (*)