Status Puskemas Warsel Bakal Ditingkatkan Jadi Rumah Sakit Anak dan Ibu

INDEKSMEDIA.ID – Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Asrul Sani melakukan peninjauan di Puskemas Wara Selatan, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan (Warsel), Kota Palopo, Senin (9/10/2023).

Kunjungan Pj Walikota Palopo ini bermaksud untuk melihat secara langsung sarana dan prasarana sumber daya manusia kesehatan.

Selain itu, merencanakan peningkatan status untuk menjadikan Puskemas Wara Selatan sebagai rumah sakit khusus ibu dan anak.

Asrul Sani mengatakan, dengan adanya peningkatan status tersebut, diharapkan pelayanan kesehatan di Kota Palopo semakin meningkat.

“Diharapkan pelayanan kesehatan meningkat, baik itu secara mutu pelayanan maupun sebaran fasilitas layanan kesehatan,” katanya.

Dia menyebut jika Kota Palopo belum memiliki rumah sakit ibu dan anak, sehingga kata dia, Pemerintah Kota Palopo akan merencanakan peningkatan status Puskemas Wara Selatan tersebut menjadi rumah sakit ibu dan anak.

“Pemerintah Kota Palopo sendiri belum memiliki rumah sakit khusus ibu dan anak, sehingga dengan adanya wacana atau rencana ini tentunya kedepan pemerintah Kota Palopo harus memiliki rumah sakit ibu dan anak,” kata Asrul Sani.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah berharap dengan adanya rencana peningkatan status dari puskesmas wara selatan menjadi rumah sakit ibu dan anak, kiranya dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Kota Palopo.

“Baik itu secara mutu pelayanan maupun sebaran fasilitas layanan kesehatan. Dimana Kota Palopo itu sudah ada 12 Puskemas, satu UPT Labkesda, satu UPT Jemput Antar (JA), kemudian ada dua rumah sakit, diantaranya rumah sakit tipe C Palemmai Tandi, kemudian ada rumah sakit tipe B RSUD Sawerigading,” terangnya.(**)