Pj Walikota Palopo Harap Penanganan Stunting Tepat Sasaran

INDEKSMEDIA.ID – Penjabat Wali Kota Palopo Asrul Sani berharap penanganan stunting harus tepat sasaran.

Hal itu diungkap Pj Walikota saat menghadiri rapat koordinasi TPPS Lintas Sektor Kota Palopo, di ruang pertemuan Ratona, Senin (9/10/2023).

Dia mengatakan, jika penanganan stunting perlu diperluas kepada seluruh stakeholder yang ada.

“Kepada para OPD, camat dan lurah teruslah bergerak untuk ini lakukan koordinasi silahkan lakukan secara teknis dan akan diarahkan langsung oleh sekretaris daerah,” katanya.

Dia mengungkapkan, selain penurunan stunting ada juga beberapa program prioritas Penjabat gubernur yang juga akan dilaksanakan di Palopo.

“Salah satunya terkait penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 berlangsung secara luber, jurdil, lancar, aman dan damai,” ungkapnya.

“Kemudian pengendalian inflasi, penanganan stunting, pengentasan kemiskinan ekstrem, ketahanan dan kedaulatan pangan, kemudahan pelayanan publik dan investasi, sinergi program prioritas nasional dan daerah serta stabilitas keamanan, ketentraman dan ketertiban umum,” sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Firmanza DP yang juga selaku ketua TPPS menyebut bahwa menurut data SSGI stunting di kota Palopo mencapai 23,8% dan ini ada penurunan sebanyak 4,7% dari tahun 2021.

“Sementara target kita di tahun 2023 18,8% sedangkan penjabat gubernur sulsel inginkan zero stunting,” sebutnya.

“Kita terus berupaya meningkatkan pendampingan bapak asuh yang selama ini dilakukan dengan melibatkan seluruh stakeholder baik itu TNI/Polri dan ini bisa kita lanjutkan kembali,” ujarnya menambahkan.

Menurutnya, dengan durasi waktu yang diperpanjang untuk pendampingan anak-anak stunting dan peran Kecamatan dan Kelurahan serta juga TP PKK dapat berkolaborasi sehingga stunting ini bisa diselesaikan. (*).