Bupati Lutra Narasumber Utama Webinar Internasional yang Diprakarsai STIA-LAN dan JCLAIR

INDEKSMEDIA.ID – Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani, didaulat menjadi salah satu Narasumber utama pada Webinar Internasional Indonesia – Jepang Knowledge Exchange Seminar 2023 dengan tema “Public Private Partnerships for Public Prosperity”.

Webinar ini akan dilaksanakan Kamis, 5 Oktober 2023, dengan empat Narasumber utama, yakni Indah Putri Indriani, Wahdi Siradjuddin, Nagata Masaru, dan Tomita Yoshinari. Dua nama terakhir adalah Deputy Director General of Comperehensive Policy Department Okazaki City, dan Wali Kota Yokoze Town, Jepang.

Seminar yang dilaksanakan secara daring ini diprakarsai oleh JCLAIR dan Politeknik STIA-LAN Jakarta. Salah satu hal mendasar dilaksanakannya webinar ini adalah kurangnya kemampuan pemerintah dalam mendanai pembangunan infrastruktur.

Untuk itu, dibutuhkan pemahaman bersama untuk melahirkan upaya inovatif guna mendorong partisipasi dana non resource envelope/swasta pada sektor tersebut untuk membiayai pelayanan publik dan pembangunan pemerintah.

Pada RPJMN 2020–2024, dibutuhkan total Rp6 Triliun untuk pembangunan infrastruktur, atau rata-rata 6% dari PDB. Namun, kemampuan pemerintah mendanai pembangunan infrastruktur hanya cukup untuk 37% dari total kebutuhan.

Sehingga melalui webinar ini, diharapkan semua pihak dapat memahami pentingnya partisipasi sektor swasta dalam pembangunan, termasuk dalam penyediaan layanan public.

Adapun tindak lanjut dari webinar ini nantinya adalah menghubungkan pemerintah daerah (pemda) di Indonesia dan pemda di Jepang dalam rangka untuk membuka kemungkinan kerja sama bagi pembangunan kedua negara, Indonesia dan Jepang. (LHr)