Cerita Rakyat Sambas, Asal Usul Batu Betarub

INDEKSMEDIA.ID – Kecamatan Sambas merupakan wilayah yang luas dan terkenal dengan kekayaan budaya seperti cerita rakyat.

Cerita rakyat, termasuk dongeng yang berhasil direkam dari para informan, dalam penulisannya sudah mengalami editing, baik gaya bahasanya maupun kalimatnya.

Dengan adanya cerita rakyat ini membantu pemerintah untuk melestarikan salah satu hasil kebudayaan.

Konon menurut ceritanya, ada sebuah keluarga yang kaya raya didaerah Sambas, kemudian juga hidup seorang janda miskin dengan seorang anak perempuannya.

Orang kaya tersebut mengadakan hajatan perkawinan semua penduduk kampung diundang kecuali janda miskin dan anaknya, meskipun tidak diundang tapi si anak tetap nekat kesana.

Tetapi si anak malah diusir dan diperlakukan dengan kasar. Ibunya sangat sedih maka dicari akal untuk membalas, diambillah kucing yang dihiasi mukanya dengan arang kemudian diberi baju dan diperlakukan seolah-olah seperti manusia sehingga yang melihatnya menjadi tertawa semua.

Melihat situasi tersebut janda miskin itu mohon kepada Tuhan agar orang-orang yang kejam kepadanya itu dikutuk menjadi batu, tidak lama kemudian terdengar bunyi yang sangat keras menyambar orang-orang tadi, mereka semua tertimbun tarub dan menjadi batu.

Atas peristiwa itu, maka batu yang sekarang terletak di tepi sungai itu dinamakan Batu Betarub. Sampai sekarang orang-orang sering melihat batu itu kalau air sungai sedang surut. (*)