Jokowi Tepis Isu Hanya Bangun Tol, 326 Ribu Jalan Tani Rampung

INDEKSMEDIA.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kerap mendengar tentang pemerintahannya hanya membangun Tol, bandara, dan pelabuhan. Jokowi pun memamerkan capaiannya yang lain. Apa itu?

“Banyak orang menyampaikan, ‘Pak yang dibangun itu hanya jalan tol, hanya airport, hanya pelabuhan’. Banyak yang lupa bahwa pemerintah itu telah memberikan dana desa sampai tahun ini sebesar Rp 539 triliun kepada 74.800 desa di seluruh Tanah Air, Rp 539 triliun,” kata Jokowi dalam sambutannya di Pembukaan Jambore Nasional Dai Desa Madani Parmusi, Cianjur, yang disiarkan langsung YouTube Setpres, Selasa (26/9/2023).

Jokowi menerangkan sejak 2015 sampai 2023, telah menyelesaikan jalan tol sepanjang 2.040 kilometer. Namun untuk jalan desa, pemerintah sudah membangun 326 ribu kilometer.

“Jalan desa 9 tahun ini telah selesai 326 ribu kilometer jalan desa, ini nggak pernah ada yang hitung. Pak kok panjang sekali, Pak. Ya panjang tapi itu setiap desa hanya berapa, hanya 5 kilometer, karena kita punya desa 74.800, kalau selesai, 326 (ribu) dibagi, hanya kira-kira 4 sampai 5 kilo per desa, masih sangat pendek sekali,” kata Jokowi.

Selain jalan desa, pembangunan embung sudah terealisasi sebanyak 6.400. Jokowi meminta warga desa mengecek soal pembangunan di desa.

“Coba bener nggak angka-angka ini yang saya sampaikan, ada jalan desa baru nggak, ada embung nggak, ada irigasi baru nggak, kalau ndak, berarti banyak yang korup di situ. Akan saya turunkan BPK, BPKP, cek kalau nggak ada. Karena hampir setiap tahun itu kurang lebh Rp 1-2 miliar dikirimkan ke desa-desa. Jadi kalau nggak jadi barang, kepala desanya yang diciduk,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengatakan sudah terbangun 14 ribu pasar desa. Jokowi lagi-lagi mengingatkan Kepala Desa.

“Bapak ibu coba lihat, cek ada nggak barangnya yang namanya pasar desa. Kalau nggak ada, hati-hati kepala desanya,” papar dia.

“Oleh sebab itu, sekali lagi saya sangat menghargai apa yang disampaikan tadi oleh Bapak Ketua Umum mengenai dai masuk desa. Karena pembangunan fisik yang tadi saya sampaikan, jalan desa, jembatan desa, embung di desa, pasar di desa, itu tidak ada artinya kalau kita melupakan pembangunan sumber daya manusia yang ada di sana,” tutur Jokowi. (*/rlr)