Mengenal Upacara Basunat Asal Aceh

INDEKSMEDIA.ID – Upacara Basunat ini dilakukan oleh masyarakat dari Suku bangsa Aneuk Jamee di kabupaten Aceh Selatan provinsi Aceh pada saat anak laki-laki yang sudah berusia lebih kurang 10 tahun dan anak perempuan sekitar satu tahun.

Pada Basunat anak perempuan tidak dilanjutkan upacara, hanya diketahui oleh keluarganya saja.

Bagi anak-anak laki-laki upacara Basunat dilakukan layaknya upacara perkawinan dengan memakai pakaian adat seperti pengantin.

Pada prosesi acaranya anak tersebut di pasajuk (ditepungtawari) oleh para kerabat yang mengunjunginya sambil memberikan hadiah atau berupa kado bagi anak yang disunat.

Dalam upacara itu semua sanak saudara (dunsanak) dan tetangga hadir.

Hal ini tergantung pada besar kecilnya upacara yang dilaksanakan orangtuanya bahkan ada yang merayakan dengan memotong seekor kabau (kerbau) ataupun jawi (sapi).

Makna dari upacara ini adalah agar si anak menyadari benar bahwa dia sudah akan meninggalkan dunia kanak-kanak menuju dunia remaja di mana kewajiban terhadap orangtua dan agamanya harus mulai dijalankan.

Upacara Basunat bermakna merupakan suatu yang harus dilaksanakan oleh setiap anak laki-laki sebagai salah satu sunat rasul yang sangat dihormati dan dijunjung tinggi di sana. (*)