Empat Pj Kepala Daerah Bakal Dilantik, Putra Bone Pimpin Kota Palopo

INDEKSMEDIA.ID – Empat kepala daerah akan dilantik pada 26 September 2023, Besok. Meraka yang akan dilantik adalah Pj Wali Kota Palopo, Pj Bupati Bone, Pj Bupati Sinjai dan Pj Bupati Bantaeng.

Hal itu diketahui berdasarkan undangan pelantikan dengan nomor 005/11011/B. Pem. Otda. yang mengundang adalah Gubernur Sulsel Pj. Sekertaris Daerah Pemprov Sulsel Drs. Andi Muhammad Arsjad, M.Si yang ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri RI c.q. Direktur Jenderal Otonomi Daerah di Jakarta, Gubernur Sulawesi Selatan sebagai laporan di Makassar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Pj. Wali Kota Palopo diisi oleh putra kelahiran Kabupaten Bone yaitu Asrul Sani. Dia merupakan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Asrul Sani adalah pria kelahiran Kabupaten Bone, tepatnya di Watampone, 21 Maret 1975. Pangkatnya saat ini Pembina Tingkat I/IV.b. Dia juga menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulsel.

Asrul Sani juga telah memiliki sejumlah pengalaman dalam memimpin di lingkup Pemprov Sulsel. Seperti Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Pemprov Sulsel di tahun 2023, Asrul Sani dipercaya sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha, kemudian di Tahun 2017, dia didapuk menduduki jabatan sebagai Kasub Pelaksanaan dan Pengadaan Barang dan Jasa 2017.

Hingga akhirnya Tahun 2020, dipercaya menduduki jabatan Kepala Bagian Pengelolaan Layanan dan Pengadaan Secara Elektronik Setda Pemprov Sulsel. Kemudian di Tahun 2021, dia menjabat Plt Kabiro Pengadaan Barang dan Jasa Pemrov Sulsel 2021. Dan yang terakhir, Tahun 2023 Asrul Sani dilantik menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemrov Sulsel.

Asrul Sani akan duduk sebagai Pj Wali Kota Palopo, menggantikan Wali Kota Palopo Muh Judas Amir dan wakilnya Rahmat Masri. Hal itu dibenarkan Ketua DPC PDI Perjuangan Palopo, Alfri Jamil. Dia mengungkapkan penetapan Pj Wali Kota Palopo telah ditetapkan Tim Penilaian Akhir (TPA) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sekedar diketahui, Sebelumnya DPRD Kota Palopo mengusulkan tiga nama, Selain Asrul Sani. Ada juga nama Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmanza DP, S.H, M.Si, Dia merupakan pria kelahiran Tolitoli, Sulteng, 13 Oktober 1968 dan Kepala Biro Umum Pemprov Sulsel, Andi Ihsan Bassaleng. Dia merupakan Putra Kelahiran Kota Palopo 2 Agustus 1979.

“Sudah fix Asrul Sani yang ditetapkan sebagai Pj Walikota Palopo oleh TPA,” kata mantan Anggota DPRD Kota Palopo itu. (jhn/dra/rlr)