Sejak Dipegang STY, Ranking FIFA Indonesia Meroket

INDEKSMEDIA.ID – Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong kini secara perlahan mulai membuat Skuad Garuda kembali menunjukkan kembali tajinya di dunia sepak bola level Asia.

Di bawah arahan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U-20, Timnas U-23 dan Timnas Indonesia Senior berhasil lolos ke Piala Asia. Lebih hebatnya ketiganya lolos melalui jalur kualifikasi.

Terbaru, Timnas Indonesia senior yang berhasil meraih kemenangan atas Turkmenistan di ajang FIFA Matchday beberapa waktu lalu berhasil menaikan peringkat anak asuh Shin Tae-yong itu.

Dimana pada daftar ranking terbaru yang dirilis oleh FIFA Timnas Indonesia kini duduk di peringkat 147 naik tiga peringkat dari posisi sebelumnya. Sebelum melakoni Agenda FIFA Matchday kontra Turkmenistan, diketahui kalau Timnas Indonesia duduk di peringkat 150 FIFA.

Dan tangan dingin Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia duduk di peringkat ke-147 dalam ranking FIFA terbaru pada Kamis (21/9/2023).

Prestasi tersebut semakin membuktikan bahwa kerja keras pelatih asal Korea Selatan itu sedikit demi sedikit mulai membuahkan hasil. Saat ini, Skuad Garuda memiliki 1.052,87 poin setelah mendapat tambahan 5,41 poin. Indonesia sendiri berhasil menggeser Botswana yang sebelumnya berada di urutan ke-147.

Sejak awal kedatangannya pada 2019 lalu, Timnas Indonesia sedang terpuruk di peringkat 173. Perjalanan Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong bisa dikatakan naik dan turun.

Meski kini perlahan sudah mulai menunjukan progres dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Shin Tae-yong masih belum bisa persembahkan gelar untuk Timnas Indonesia. Terlebih kini banyak pemain muda yang sudah menjadi andalan Shin Tae-yong di timnas Indonesia dan diharapkan bisa menjadi pilar masa depan skuad garuda.

Secara total, Shin Tae-yong telah menangani Timnas Indonesia sebanyak 34 pertandingan dengan catatan 18 kemenangan, 9 seri, dan 7 kekalahan. Timnas Indonesia juga berhasil menciptakan 72 gol dan hanya 41 kali kebobolan. (*)