Atasi Stunting, Kades Munte Salurkan Bantuan Alat Antropometri ke Posyandu

INDEKSMEDIA.ID – Kepala Desa (Kades) Munte gerak cepat menyalurkan bantuan kementerian kesehatan berupa alat antropometri kit kepada dua posyandu di Desa Munte.

Dua posyandu itu adalah Posyandu Pantai Sehat 1 dan Pantai Sehat 2.

Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Tanalili, Dewi Rosianna mengapresiasi atas respon cepat yang diambil Kepala Desa Munte dalam penanganan stunting.

“Alhamdulillah, Pak Desa langsung gerak cepat menyalurkan bantuan tersebut kepada para kader posyandu, masing-masing Pantai Sehat 1 dan Pantai Sehat 2,” ucapnya.

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Luwu Utara ini berharap, bantuan ini dapat digunakan oleh kader posyandu untuk mendeteksi kasus stunting pada anak melalui pengukuran berat, panjang, dan tinggi badan, serta lingkar lengan atas dan kepala.

“Semoga bantuan alat ini nantinya dapat digunakan dengan baik, sehingga kita bisa mendeteksi kasus stunting, dan jika ditemukan, akan dilakukan tindakan penanganannya. Dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat untuk mengatasi stunting,” ungkapnya.

Tak lupa Dewi juga berharap agar terus terjalin kerjasama yang baik antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten sampai desa, demi satu tujuan yakni dalam mencapai target penurunan stunting 14% di 2024.

“Semoga kerja sama yang baik ini senantiasa selalu terjalin baik,” pungkasnya.

Diketahui, Antropometri Kit adalah alat untuk mendeteksi stunting melalui pengukuran berat, panjang dan tinggi badan serta lingkar lengan atas dan kepala.

Alat ini berstandar nasional yang mengacu pada Permenkes Nomor2 tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak. (LHr)